Sukses

Uniknya Arti Nama Cucu Jokowi

Cucu Jokowi yang pertama diberi nama Jan Ethes Srinarendra. Apa artinya?

Liputan6.com, Jakarta Presiden Jokowi resmi memiliki cucu pada pada Kamis 10 Maret 2016. Bayi laki-laki anak dari putra pertama Jokowi, Gibran Rakabuming Raka dan Selvi Ananda, lahir di Kota Solo pada pukul 09.28 WIB.

Cucu Jokowi yang pertama itu diberi nama Jan Ethes Srinarendra. Berdasarkan penelusuran Liputan6.com, nama tersebut berasal dari perpaduan Bahasa Jawa dan Bahasa Sansekerta.

Nama Jan Ethes memang sangat mencerminkan keluarga ia dilahirkan yakni keluarga Jawa. Meski 'Jan' terdengar seperti nama Belanda , namun sebenarnya nama tersebut mengambil kata-kata dari Bahasa Jawa Kuno dengan akar bahasa Sansekerta.

'Jan' berarti menguatkan atau memang, sangat. Sedangkan 'Ethes' mampu melakukan segala sesuatu, bisa juga berarti cekatan. Sementara 'Sri' artinya cantik, pantas, dan 'Narendra' sepadan maknanya dengan orang kuat atau pemimpin.

Jika digabungkan, maka arti nama cucu Jokowi adalah mumpuni dan pantas menjadi orang kuat atau pemimpin. Nama tersebut tentu berisi harapan yang tinggi kepada sang bayi untuk kelak bisa menjadi pemimpin.

Jan Ethes diketahui lahir dengan berat 3,09 kilogram dan panjang 48,5 sentimeter. Ia lahir melalui persalinan caesar.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.