Pencinta Seni Antre Ingin Tidur di Lukisan Van Gogh

Oleh Ahmad Apriyono pada 03 Mar 2016, 14:02 WIB
Diperbarui 03 Mar 2016, 14:02 WIB
van gogh
Perbesar
Ingin tidur di dalam lukisan van Gogh? Datang ke tempat ini.

Liputan6.com, Jakarta Siapa yang tidak kenal van Gogh? Seniman asal Belanda ini merupakan salah satu perupa terbesar yang pernah ada dalam sejarah Eropa. Memulai aktivitasnya sebagai seniman pada 1880, van Gogh makin cemerlang sebagai seorang perupa saat tinggal di Arles, Prancis.

Di Prancis ia mengikuti tipikal pelukis zamannya dengan mengusung aliran impresionisme. Namun ketidakpuasan terhadap pengekangan ekspresi seni membuatnya beralih ke gaya ekspresionisme.

Di masa terakhir hidupnya, van Gogh menghabiskan hari-hari di Rumah Sakit Jiwa Saint Paul de Mausole. Van Gogh didiagnosis menderita epilepsi yang parah dan bahkan harus ditangani oleh dua dokter yang berbeda. Namun demikian selama di rumah sakit, van Gogh tetap produktif menghasilkan lukisan. Salah satu lukisannya yang paling terkenal adalah “The Bedroom”.

Terinspirasi dari lukisan tersebut, Airbnb mengimitasi dan menjadikan kamar dalam lukisan tersebut menjadi nyata. Kini para pencinta seni datang berbondong-bondong untuk menghabiskan malam mereka di replika kamar tidur van Gogh. Dibangun di salah satu kamar di The Art Institute of Chicago, kamar yang disewakan 10 dolar AS per malam ini telah dibuka sejak Februari.

Lukisan Van Gogh yang berjudul

“Ini begitu sempurna. Saya benar-benar menangis, tinggal di sini akan menjadi mimpi saya, saya membutuhkannya,” ucap seorang mahasiswa seni, Genevieve Marie Gualtiere, seperti dikutip dari news.sky.com, Kamis (3/3/2016).

Replika kamar van Gogh dibangun oleh sekelompok seniman lokal, termasuk dalam pembuatan furniturenya, dan warna cat dindingnya yang cerah. Menurut penuturan pihak Airbnb, ruangan tersebut akan membuat Anda merasa seperti tinggal dalam sebuah lukisan. Dengan gaya post-impresionis, Anda seolah diajak menyusuri masa lalu di Prancis. Yang menarik, para penyewa kamar juga akan mendapatkan tiket ke pameran Van Gogh Bedroom Art Institute.

 

Saksikan Live Gerhana Matahari Total, Rabu 9 Maret 2016 di Liputan6.com, SCTV dan Indosiar Mulai Pukul 06.00 - 09.00 WIB. Klik di sini 

Tag Terkait