5 Kebiasaan Aneh Orang Indonesia di Mata Bule

Oleh Ahmad Apriyono pada 19 Feb 2016, 15:30 WIB
Diperbarui 19 Feb 2016, 15:30 WIB
Orang Indonesia
Perbesar
Orang Indonesia gemar menjadikan koran sebagai `payung` saat hujan.

Liputan6.com, Jakarta Budaya menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia dimaknai sebagai pemikiran atau adat istiadat. Secara tata bahasa, kata ‘budaya’ sepadan maknanya dengan cara berpikir manusia. Kebudayaan dalam suatu masyarakat memang tidak lepas dari perkembangan masyarakat itu sendiri. Dengan demikian, tiap daerah atau negara memiliki kebudayaan, adat, dan kebiasaan yang berbeda.

Tidak ada yang bisa menilai suatu budaya lebih bernilai ketimbang budaya yang lain. Namun lain halnya dengan ‘kebiasaan’. Kebiasaan identik dengan berbagai hal buruk yang terus dilestarikan, dan tiap masyarakat tentu memilikinya.

Berikut kebiasaan orang Indonesia yang dianggap aneh di mata para bule, seperti disarikan dari akun Youtube Sascha Stevenson, Jumat (19/2/2016).

Ke Supermarket Pakai Baju Tidur
Tentu tiap orang setuju bahwa baju tidur dipakai saat tidur. Namun aturan tersebut seperti tidak berlaku bagi kebanyakan orang Indonesia. Faktanya, banyak ditemui wanita yang pergi ke pasar masih mengenakan pakaian tidur.

Pakai Sweater saat Cuaca Panas
Panas terik matahari hingga 38 derajat Celsius sudah menjadi ‘teman’ bagi orang Indonesia, apalagi di kota-kota besar dengan tingkat polusi yang tinggi seperti di Jakarta. Namun tahukah Anda, ada kebiasaan orang Indonesia yang dianggap aneh di mata bule perihal pakaian saat panas terik matahari. Saat cauca panas, orang Indonesia cenderung lebih memilih mengenakan sweater. Pakaian yang identik dengan cuaca dingin ini dianggap mampu menghalau panas terik matahari.

Koran Dijadikan Pelindung Kepala saat Hujan

Orang Indonesia gemar menjadikan koran sebagai `payung` saat hujan.

Redaksi suatu surat kabar harian perlu proses panjang untuk bisa menerbitkan koran. Bahkan tak jarang dari para jurnalisnya harus mempertaruhkan nyawa demi mendapatkan kebenaran berita. Namun apa jadinya jika surat kabar yang susah payah dibuat hanya menjadi pelindung saat hujan. Ini menjadi salah satu kebiasaan orang Indonesia yang dianggap aneh di mata para bule.

Sibuk dengan Gawai saat Berkumpul
Berkumpul bersama teman, apalagi teman-teman yang telah lama tidak berjumpa, tentu menjadi momen yang menyenangkan. Namun momen menyenangkan ini bisa berubah menjadi suatu hal yang biasa-biasa saja saat semua orang sibuk dengan gawainya masing-masing. Inilah kebiasaan buruk yang kerap terjadi pada orang Indonesia. Apakah Anda salah satunya?

Gemar Menakut-nakuti Anak Kecil
“Malam-malam jangan main di bawah pohon, nanti diumpetin jin,” tentu Anda pernah mendengar kalimat demikian. Kebiasaan menakut-nakuti anak kecil dengan cerita yang tidak masuk akal menjadi kebiasaan orang Indonesia yang dianggap aneh para bule. Para bule menganggap, mengapa orang Indonesia tidak berterus terang saja jika ingin anaknya ada di rumah dan harus membaca buku, misalnya.