Sukses

Pria Ini Baru Ketahuan Bolos Kerja Setelah 6 Tahun padahal Digaji

Setelah enam tahun bolos kerja tapi tetap digaji, akhirnya supervisor ini ketahuan dan didenda sekitar Rp 404 juta.

Liputan6.com, Jakarta Selama enam tahun, seorang supervisor bangunan di Spanyol telah mengumpulkan gaji 41.500 dolar AS dari pemerintah daerah tanpa masuk kantor atau tanpa bekerja.

Jika bukan karena ia menerima penghargaan 20 tahun pengabdian, tak ada yang menyadari Joaquin Garcia, 69 tahun, tidak pernah menampakkan dirinya di kantor selama enam tahun.

Atas ketidakhadirannya, Joaquin didenda oleh pabrik pengolahan air yang mengganjarnya denda sebesar 30.000 dolar AS atau sekitar Rp 404 juta.

Seperti dilansir dari Huffiingtonpost.com pada Sabtu (20/2/2016), menurut Wakil Wali Kota, Jorge Blas, Joaquin mengaku uang yang diperolehnya murni berasal dari kerja kerasnya sejak 2010. Namun Jorge mempertanyakan hal tersebut kepada perusahaan tempat Joaquin bekerja apakah dirinya sudah pensiun atau meninggal.

Pertanyaan itu terlontar karena Jorge menemukan fakta Joaquin masih menerima gaji, padahal tak terlihat apa yang dikerjakannya. Lalu Jorge pun menemui Joaquin dan menanyakan apa yang dikerjakannya sebagai seorang supervisor bangunan pada tiap bulan sebelumnya.

"Saya memanggilnya dan bertanya, "Apa yang Anda lakukan kemarin? bulan sebelumnya, bulan sebelum itu? "Dia tidak tahu harus berkata apa," kata Blas.

Namun, Joaquin tak tinggal diam. Lewat pengacaranya, ia menuntut balik atas tuduhan intimidasi yang dilakukan tempat kerjanya yang membuat ia tidak hadir selama enam tahun. Menurut pengakuan kerabat Joaquin, selama vakum bekerja, sahabatnya mendalami ilmu filsafat.

Surat kabar El Mundo mengatakan alasan lain di samping tak ada pekerjaan yang bisa dilakukan Joaquin pada saat itu, sahabatnya takut untuk melaporkan diri karena khawatir akan dipecat. Setelah tuduhan diberikan padanya, Joaquin secara resmi memilih untuk pensiun.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.