Sukses

Mengagumi Karya-karya Kertas Maestro Srihadi Soedarsono

Maestro seni rupa Srihadi Soedarsono menggelar pameran tunggal bertajuk `70 Tahun Rentang Kembara Roso`.

Liputan6.com, Jakarta Srihadi Soedarsono, maestro seni rupa Indonesia menggelar pameran tunggal bertajuk ’70 tahun Rentang Kembara Roso’. Pameran yang digelar di Gedung A Galeri Nasional, Jakarta, 11-24 Februari 2016 ini, menampilkan 450 karya yang terdiri dari karya cat air, sketsa, drawing di atas kertas dan tidak lebih dari 7 lukisan di atas kanvas.

Menurut informasi yang diterima Liputan6.com, Sabtu (12/2/2016), ratusan karya medium kertas ini merupakan arsip karya Srihadi Soedarsono yang didokumentasi dari rentang era Revolusi (1946) hingga Reformasi (2016). Pameran tunggal tersebut dapat dikatakan sebuah pameran retrospektif dimana masyarakat dapat melihat, belajar, dan mengamati perkembangan karya Srihadi Soedarsono di atas media kertas.

Karya seni rupa dengan medium kertas, salah satu tradisi seni rupa di Eropa, menunjukkan kekuatan artistik dari zaman ke zaman. Srihadi Soedarsono memperlihatkan bahwa karya-karyanya senantiasa kontekstual dengan kebudayaan yang berkembang waktu itu.

Anies Baswedan, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan yang membuka acara pameran tersebut mengatakan, “Pameran tokoh besar seni rupa Indonesia ini merupakan kesempatan berharga bagi kita semua untuk dijadikan sarana komunikasi, apresiasi, dialog budaya lewat bahasa estetika. Karya beliau sungguh memberikan banyak inspirasi tentang potensi kreatif pelaku seni Indonesia yang diakui dunia saat ini dan menjadi bagian dari simpul intelektualitas dunia mengenai kemanusiaan yang dituangkan di dalam bahasa seni.”

Sementara itu, Rikrik Kusmara sebagai kurator pameran menyampaikan, “Karya-karya Srihadi Soedarsono dapat dilihat pada aspek roso yang jadi titik sentral. Bagaimana dengan roso seorang Srihadi Soedarsono menentukan obyek artistik dicampur dengan kebenaran yang ia lihat menjadi lukisan, dan pameran ini menunjukkan Journey of Roso dari seorang maestro Srihadi Soedarsono secara intelektual selain dipandang atas nilai artistik.”

Menanggapi pameran tunggalnya kali ini, Srihadi Soedarsono sendiri mengatakan, kertas merupakan bagian yang tak terpisahkan dari kehidupannya. Kertas telah menjadi bagian dari sejarah karirnya sebagai seorang seniman.

“Saya harap lebih banyak pecinta seni bisa mengapresiasi karya dengan media kertas. Karya menggunakan material kertas bagi saya sama kualitasnya dengan lukisan di atas kanvas. Jadi kanvas dan kertas sama saja yang terpenting kualitasnya sama,” kata Srihadi.

 

** Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini
** Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini