Sukses

3 Komik Strip yang Perlu Dapat Apresiasi di Hari Komik Nasional

Tiga komik strip ini layak mendapat apresiasi di Hari Komik dan Animasi Nasional.

Liputan6.com, Jakarta Ditetapkannya tanggal 12 Februari sebagai Hari Komik dan Animasi Nasional berawal dari diselenggarakannya Pekan Komik dan Animasi di Galeri Nasional, Jakarta, pada 1998. Dirjen Kebudayaan Depdiknas saat itu, Edi Sedyawati, bersama dengan komikus dan animator senior mengusulkan agar komik dan animasi lokal memiliki hari yang diperingati tiap tahunnya dan menjadi suatu gerakan nasional.

Sudah 12 tahun berlalu sejak dicanangkannya Hari Komik dan Animasi Nasional, dunia komik dan animasi Indonesia berkembang cepat. Berbagai karya muncul dari banyak anak muda kreatif Indonesia. Berbagai film animasi dan komik berkelas dunia seperti Transformers: Age of Extinction, Shrek, Kungfu Panda, Madagascar dan Monster Aliens Inc, dan komik GI Joe lahir dari tangan-tangan kreatif anak muda Indonesia.

Namun ada yang menarik dalam dunia perkembangan komik Tanah Air. Maraknya penggunaan sosial media menjadi alasan beberapa seniman komik menerbitkan karyanya di Facebook, Path, dan Instagram. Berikut beberapa komik strip karya anak muda Indonesia yang mendapat banyak perhatian di sosial media, seperti disusun Liputan6.com, Jumat (12/2/2016).

Si Tankhi

Komik Si Tankhi

Komik ini menjadi menarik lantaran menggunakan balita sebagai tokoh utamanya. Dengan tema yang tidak jauh dari kehidupan sehari-hari, komik strip si Tangkhi kerap menyajikan ‘ledakan’ tak terduga di akhir panelnya. Tak heran jika komik strip Si Tankhi kerap mendapat ribuan likes dan selalu ditunggu kemunculannya di Instagram.

Si Juki

Komik Si Juki

Komik ini menyajikan karakter fiksi yang anti-mainstream. Mengusung ide cerita yang lekat hubungannya dengan kehidupan anak muda, komik Si Juki juga kerap menyelipkan kritik sosialnya yang tajam. Komik ini bahkan telah diterbitkan dalam bentuk buku, di antaranya adalah Ngampus!!! Buka-bukaan Aib Mahasiswa, Yang Penting Rating, dan Ngomik Attack!. Komik strip Si Juki juga dapat ditemukan di akun Facebooknya, Si Juki.

Tahilalats

Komik Tahilalats

Sederhana dan lucu, itulah gambaran komik strip Tahilalats yang kerap di-share banyak orang di sosial media. Meski komik srtip Tahilalats hanya diilustrasikan dengan sangat sederhana, yaitu  karakter tokoh dengan sudut pandang dan pose tubuh yang itu-itu saja, komik ini punya ‘kekuatan’ pada ide ceritanya. Kesederhanaan inilah yang memunculkan kekonyolan cerita tak biasa. hanya dalam empat panel, komik ini sukses mengocok perut para pembacanya.

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini