Sukses

Lakukan 4 Langkah Ini Saat Bekerja dari Rumah

Bekerja dari rumah memang menjadi hal yang menyenangkan, namun perhatikan beberapa hal berikut ini agar pekerjaan Anda berjalan lancar.

Liputan6.com, Jakarta Bekerja dari rumah memang memiliki setumpuk manfaat, serta keuntungan untuk diri sendiri. Selain menghemat biaya perjalanan ke kantor hingga pakaian kerja yang tak perlu digunakan. Tapi, tak selamanya bekerja dari rumah selalu menguntungkan diri Anda!

Banyak orang yang merasakan hambatan produktivitas bekerja saat melakukan pekerjaan kantor dari rumah, seperti bisingnya kondisi rumah hingga gangguan sang anak yang mengganggu fokus Anda.

Namun ada beberapa kiat untuk mendapatkan kembali keproduktivitasan kerja saat berada di rumah, seperti dikutip laman The Grindstone, Minggu (31/01/2016) berikut empat langkah efektif bekerja dari rumah.

1. Pakaian

Busana untuk kerja dan busana saat santai di rumah tentu memiliki karakteristik yang berbeda. Saat bekerja Anda dituntut untuk mengenakan pakaian rapih dan layak untuk bertemu dengan rekan kerja di kantor. Sedangkan di rumah, Anda bisa bebas mengenakan pakaian apa saja tanpa syarat dan ketentuan.

Ini salah satu keuntungan jika Anda bekerja dari rumah, tak perlu berpikir keras mengenakan bentuk pakaian seperti apa, dengan mengenakan celana pendek pun Anda bisa mengerjakan segala tugas kantor dengan santai.

2. Selesaikan tugas kerja terlebih dahulu

Bekerja dari rumah memang hal yang sangat menyenangkan, pasalnya Anda dapat mengerjakan pekerjaan tanpa dikerjar oleh waktu dan atasan. Tapi tak sedikit orang yang melakukan pekerjaan kantor dengan kegiatan lainnya secara bersamaan, misal diiringi dengan panggilan Skype dengan teman atau pasangan yang justru mengakibatkan fokus otak menjadi terganggu.

Mengerjakan tugas kerja membutuhkan kondisi yang tenang dan fokus yang baik, maka dari itu selesaikan terlebih dahulu pekerjaan Anda sebelum melakukan kegiatan yang lain.

3. Hindari gangguan

Smartphone, televisi, ataupun radio akan mengganggu konsentrasi kinerja otak saat menyelesaikan tugas kerja dari rumah. Dengan mematikan segala alat elektronik yang dapat mengganggu, dapat membantu Anda untuk mengerjakan tugas kantor di rumah. Bahkan disarankan mengerjakan tugas kantor di sebuah kedai kopi yang nyaman, jika kondisi rumah terlalu bising untuk Anda.

4. Jangan bekerja sambil makan

Makan memang menjadi aktivitas nan indah untuk semua makhluk hidup. Namun, jika Anda makan sambil mengerjakan tugas kantor Anda, itu akan mengganggu sekaligus merugikan tingkat kenikmatan makanan Anda. Sisihkan waktu untuk makan disela mengerjakan pekerjaan Anda

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini