Sukses

Ini yang Akan Terjadi Ketika Teman Berubah Jadi Bos Anda

Apa yang terjadi jika teman dekat Anda tiba-tiba menjadi bos Anda?

Liputan6.com, Jakarta Rekan sekantor atau teman makan siang Anda, tiba-tiba mendapat promosi menjadi atasan baru Anda. Kondisi ini akan menjadi sangat canggung bukan? Lantas apa yang Anda rasakan dan apa yang ada dipikiran Anda saat itu?

Ketika teman Anda berubah menjadi bos, situasinya pasti akan berbeda. "Situasi ini akan menjadi dua hal yang membingungkan antara karir dan persahabatan Anda. Akan ada perubahan yang tak terelakkan dalam dinamika gaya kerja yang sulit untuk dikontrol," ujar Konsultan Karir, Lynn Taylor.

Hubungan yang dibangun sebelumnya, terbangun berdasarkan persamaan pengalaman dan saling simpati akan berubah karena kepentingan yang berbeda. "Karyawan biasanya melihat jarak antara bos dan mereka. Sehingga akan berpengaruh pada hubungan persahabatan, namun hal ini dapat bergantung pada bagaimana keduanya menyikapi kondisi ini," tutur Taylor.

Pada saat teman Anda dipromosikan, Anda dengan seketika merasa curiga. Taylor mengungkapkan, Anda akan merasa curiga teman Anda akan berpengaruh pada kehidupan finansial Anda. Kemudian perusahaan akan menjadi fokus utama teman Anda dari pada memikirkan teman lamanya. Kecurigaan ini bisa menjadi batu sandungan, awal rusaknya persahabatan Anda.

Anda juga akan merasa kurang percaya diri ketika menghadapi teman Anda di kantor. Anda seperti merasa kehilangan sahabat karib. Anda juga harus merasa tunduk kepada bos Anda dan sulit untuk meninggalkannya ketika Anda dan teman Anda berada di luar kantor. Meskipun sebelumnya Anda merasa setara dan bercanda bersama.

Kondisi ini mungkin akan menjadi hal yang sulit pada awalnya, namun Anda dapat menyikapinya secara baik. Begitu pula halnya dengan teman Anda yang kini menjadi atasan. Pengertian antara keduanya dapat membuat hubungan persahabatan tetap berlangsung meski tidak akan bisa seperti sediakala. Akan ada sedikit perasaan berbeda yang wajar terjadi.

"Menjadi bos dan seorang teman yang baik adalah tekanan bagi seseorang. Konflik akan hadir ketika dua kepentingan tersebut tidak sejalan. Meski Anda bersahabat, profesionalitas harus tetap dijaga. Keadaan ini menjadi sulit untuk keduanya," tutup Taylor.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.