Sukses

Ingin Memiliki Kebun Herbal Sendiri? Ini Caranya

Berikut beberapa cara inovatif untuk membuat kebun sendiri.

Liputan6.com, Jakarta Untuk Anda pencinta kehijauan, sebuah kebun herbal merupakan konsep yang menarik untuk dibuat di halaman rumah Anda sendiri. Anda dapat memilih tumbuhan apa yang akan Anda tanam, seberapa luas lahan yang Anda butuhkan, dan bentuk kebun seperti apa yang Anda inginkan untuk mempercantik rumah Anda.

Berikut beberapa inspirasi untuk membuat kebun sendiri, seperti dilansir dari dummies.com, Kamis (21/1/2016).

1. Kebun untuk pemula

Untuk mulai membuat kebun sendiri, cobalah untuk menanam tanaman yang sederhana, seperti kemangi, daun rosemary, daun bawang, dan lavender. Buatlah sebuah tempat untuk tanaman Anda dari balok kayu setinggi lutut, dan tempatkan tepat di luar jendela dapur. Sewaktu-waktu Anda membutuhkan tanaman dari kebun mini tersebut untuk memasak, Anda tinggal memetiknya.

2. Sebuah kebun untuk lebah dan kupu-kupu

Jika Anda senang menikmati waktu senggang dengan berjalan-jalan di kebun, dan melihat kupu-kupu atau lebah yang berterbangan, keputusan untuk membuat kebun adalah pilihan yang tepat. Pilih bibit tanaman yang dapat menarik kupu-kupu atau lebah untuk mendekat. Namun, pastikan ada jarak antara kebun dengan rumah Anda, untuk menghindari gangguan dan sengatan lebah hinggap di dalam rumah.

3. Kebun untuk bersantai

Jika selama ini Anda harus pergi ke luar rumah dan berkendaraan hanya untuk bersantai di sebuah kebun sambil membaca buku, kini Anda dapat mewujudkannya di rumah. Jika halaman rumah Anda cukup luas, buatlah sebuah kebun yang paling nyaman untuk digunakan bersantai atau melakukan meditasi, Letakkan sebuah kursi taman yang dapat digunakan untuk menikmati  secangkir teh bersama orang terkasih.

4. Kebun untuk pecinta kuliner

Jika Anda hobi memasak, hiasi kebun Anda dengan tanaman-tanaman yang dapat tumbuh dengan mudah di segala musim dan cuaca, sehingga ketika berbuah, dapat Anda manfaatkan sebagai bahan masakan Anda.

5. Kebun untuk teras

Jika Anda menginginkan sebuah kebun yang indah di teras rumah Anda, pilih tanaman atau bunga yang memiliki aroma yang harum. Tanaman-tanaman ini mudah untuk ditemukan. Sehingga ketika berbunga, tanaman-tanaman ini akan memberikan aroma harum ke seluruh penjuru rumah secara alami.

6. Kebun simpul

Jika Anda sudah mahir dalam urusan berkebun, Anda pasti ingin membuat kebun Anda terlihat lebih indah dan fungsional ketimbang kebun tetangga. Bentuk kebun yang berbentuk seperti simpul bisa menjadi pilihan. Selain indah untuk dilihat, kebun ini memungkinkan Anda untuk menanam tanaman apa pun yang Anda inginkan. Desain kebun ini berbentuk segitiga dengan simpul yang ada di tengah, biasa disebut triquetra atau shamrock.

Menanam di kebun ini juga membutuhkan perencanaan yang lebih matang. Anda harus mengetahui musim panen dari masing-masing tanaman, agar tidak akan mengganggu pertumbuhan dari tanaman lainnya.

Punya Kebun Herbal Sendiri? Bukan Lagi Impian. Sumber : dummies.com

7. Kebun campuran
Memiliki sebuah kebun dengan beragam jenis tanaman, bukan sebuah ide baru. Pengurus kebun di Inggris telah melakukan hal ini sejak beberapa abad yang lalu. Namun gaya kebun yang satu ini, baik untuk dicontoh, karena Anda dapat menanam bunga mawar bersamaan dengan sayur bayam. Seru!

 

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini
**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini