Purwakarta Punya Air Mancur Terbesar di Asia Tenggara

Oleh Ahmad Apriyono pada 13 Jan 2016, 16:00 WIB
Diperbarui 13 Jan 2016, 16:00 WIB
Taman Sri Baduga
Perbesar
foto: jelajahpurwakarta

Liputan6.com, Jakarta Tak perlu jauh-jauh ke negeri seberang untuk menyaksikan air mancur ala Wing of Time Singapura, pasalnya Purwakarta, Jawa Barat, baru saja menyelesaikan pembangunan Taman Sri Baduga yang memiliki pertunjukkan air mancur sekelas negeri Singa, dan diklaim sebagai air mancur terbesar di Asia Tenggara.

Sejak diresmikan tahap pertama pada 27 Desember 2014, taman yang menjadi ikon baru bagi Purwakarta ini selalu diramaikan pengunjung, terutama saat akhir pekan. Berlokasi di Jalan KK Singawinata, Kampung Situ, Desa Nagri Kaler, taman ini mudah diakses dari segala penjuru Purwakarta.

Menurut data yang dikutip dari situs resmi pemkab Purwakarta, Rabu (13/1/2016), Taman Sri Baduga sengaja dibangun di kawasan Situ Buleud. Hal tersebut bukan tanpa sebab, danau berbentuk bundar inipernah menjadi saksi perpindahan Ibukota Kabupaten Karawang dari Wanayasa ke Sindangkasih. Tak hanya itu, pada 1830 situ ini dipugar dan dipercantik oleh RA Suriawinata, yang merupakan bupati pertama sekaligus pendiri Purwakarta.

foto: Ludwiyusuf

“Jadi ini hasil tirakatnya bupati Purwakarta pertama yang ingin memindahkan ibukota Purwakarta ke sini (Sindangkasih). Jadi tempat ini harus terus kami rawat sebagai bagian sejarah purwakarta,” ungkap Bupati Purwakarta, Dedi Mulyadi.

Dahulu Situ Buleud juga menjadi tempat berkubang Badak. Badak-badak yang datang dari daerah Cikumpay dan Simpeureun ini kerap mengelilingi situ dan menjadikannya tempat beristirahat dan berkubang. Tak heran jika patung Badak berwarna putih dijadikan simbol taman wisata keluarga ini.

Tak hanya memiliki sejarah keberadaan yang panjang, Taman Sri Baduga setelah pembangunan tahap dua kini telah dilengkapi dengan air mancur berskala internasional. Informasi yang didapat dari situs resmi pemkab Purwakarta mengakan, air mancur di Taman Sri Baduga memiliki unsur light effect dan api di atas air, dengan variasi gerakan yang bisa disesuaikan dengan irama musik. Pertunjukan air mancur ini kerap digelar di malam hari.

Kini tak salah jika memasukkan Taman Sri Baduga dalam daftar kunjungan wisata Anda saat berada di Purwakarta. Dikelilingi pepohonan rindang dengan jogging trek yang saling terhubung, diperkaya dengan deretan bangunan bersejarah berupa Gedung Kembar dan Karesidenan, Alun-alun Kiansantang, dan Masjid Agung, menjadikan taman ini tak hanya indah, tapi juga merepresentasikan Purwakarta yang sesungguhnya.

 

** Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini
** Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6

 

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya