Sukses

Anak dari Ibu yang Bekerja Tumbuh Lebih Sukses?

Simak beragam keuntungan bagi anak yang dibesarkan oleh ibu bekerja.

Liputan6.com, Jakarta Ibu bekerja mungkin kerap merasa bersalah saat meninggalkan anak-anaknya untuk pergi bekerja. Jika Anda salah satunya, sebenarnya Anda tidak perlu merasa bersalah, karena ternyata ada banyak keuntungan bagi anak yang dibesarkan oleh ibu bekerja.

Sebuah studi dari Harvard Business School mengungkapkan, anak perempuan yang dibesarkan oleh ibu bekerja lebih mungkin untuk menjadi bos setelah ia dewasa. Mereka juga cenderung untuk menempati posisi supervisor, dan mendapatkan gaji yang lebih besar daripada anak-anak yang dibesarkan oleh ibu rumah tangga.

Sementara untuk anak laki-laki, para peneliti menemukan, mereka cenderung lebih banyak menghabiskan waktu untuk merawat keluarga dan mampu mengerjakan pekerjaan rumah daripada anak laki-laki yang dibesarkan oleh ibu rumah tangga.

Peneliti menganalisis data dari sejumlah negara dan menemukan bahwa anak perempuan dari ibu bekerja 4,5 persen lebih mungkin untuk bekerja juga daripada anak perempuan dari ibu rumah tangga. Meskipun angka ini terlihat kecil, tetapi tingkat kesalahannya sangat kecil. Artinya analisis ini 99 persen akurat di kehidupan nyata.

Kathleen McGinn, profesor di Harvard Business School yang juga mengetuai penelitian tersebut, mengatakan, anak perempuan dari ibu bekerja lebih mungkin untuk menjadi bos. Ini karena, ibu bekerja cenderung untuk membuat anaknya lebih berlaku sopan.

Studi tersebut berdasarkan data nasional, termasuk data survei dari 24 negara melalui program survei sosial internasional pada 2002 dan 2012. Secara khusus, para peneliti menguji hasil ini melalui kuesioner yang ditanyakan kepada sejumlah koresponden. Mereka diklasifikasikan berdasarkan ibu yang membesarkan mereka bekerja atau tidak.

Sementara itu, di Amerika Serikat, gaji anak perempuan dari ibu bekerja pun ternyata juga lebih tinggi daripada ibu rumah tangga. Rata-rata gaji mereka 5.200 Dolar AS atau setara sekitar Rp 72 juta lebih banyak.

"Ketika Anda pergi bekerja, Anda menunjukkan kepada anak Anda untuk mengerti betapa banyaknya kesempatan untuk mereka di luar sana," ucap McGinn seperti dikutip dari Qz, Selasa (12/1/2016).

 

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini
**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini