Sukses

Tentukan Warna Interior Terbaik Berdasarkan Fengshui

Berdasarkan Fengshui dikelompokkan lima unsur dasar yaitu Api, Tanah, Logam, Air, dan Kayu untuk warna baik.

Liputan6.com, Jakarta - Memilih warna untuk rumah Anda, baik eksterior, interior, maupun perabotan, merupakan hal paling menyenangkan saat mendesain rumah. Dari sisi Fengshui, ada warna-warna baik yang bisa digunakan.

Pada dasarnya, warna-warna baik berdasarkan Fengshui dikelompokkan berdasarkan lima unsur dasar Fengshui, yaitu Api, Tanah, Logam, Air, dan Kayu. Seperti dikutip dari Rumah.com, Senin (11/1/2016) ada prinsip-prinsip yang bisa Anda ikuti agar warna-warna Fengshui ini memberikan dampak yang lebih optimal di rumah Anda. 

Unsur Api – Hasrat dan Energi

Warna-warna baik berdasarkan elemen Api di antaranya adalah Merah, Jingga, Ungu, Merah Muda, dan Kuning Terang. Warna-warna ini cocok diletakkan di area Selatan rumah atau kantor Anda berdasarkan bagua (semacam kompas segi delapan dalam sistem kosmogoni Tiongkok Kuno).

Warna-warna Api juga baik digunakan untuk mendekoasri area timur laut dan barat daya rumah atau kantor Anda.

Elemen Api melambangkan energi matahari, perayaan kegembiraan dan kejayaan dalam meraih sukses. Elemen ini juga mendatangkan energi seksual yang kuat, hasrat, dan romantisme.

Sesuai sifatnya di mana api kecil menjadi kawan, api besar menjadi lawan, Anda harus berhati-hati dalam menggunakan unsur Api ini. Terlalu banyak menggunakan unsur api justru akan menguras energi Anda.

Tips menggunakan unsur Api

-Perbanyak unsur-unsur Api di ruang kerja Anda untuk mendatangkan kreativitas dan semangat dalam bekerja. Sedangkan di ruang keluarga, ada baiknya Anda mengurangi unsur api.


-Tempatkan perabotan dan benda-benda dekoratif berbentuk segitiga atau bintang, seperti lilin merah, kap lampu berwarna kuning terang, karpet merah, atau lukisan api.

 

Unsur Tanah – Pemeliharaan dan Stabilitas

Kuning lembut, beige (warna kulit), dan warna-warna pasir atau warna tanah adalah warna-warna baik yang berdasarkan elemen Tanah.

Elemen Tanah yang kuat dan terpadu dengan harmonis di rumah atau kantor Anda akan membantu menciptakan stabilitas, pemeliharaan, dan menjaga hubungan Anda dengan orang-orang di sekitar Anda. Elemen Tanah juga membantu menjaga kesehatan seseorang dan keseimbangan di dalam diri Anda.

Warna-warna ini harus dominan di area timur laut dan barat daya rumah atau kantor Anda. Selain itu, elemen Tanah juga harus mendominasi bagian tengah properti Anda.

Tips menggunakan unsur Tanah

-Gunakan elemen Tanah saat Anda membutuhkan ruangan yang menenangkan dan damai. Unsur Tanah ini pada dasarnya menjadi penyeimbang dalam segala aspek, baik itu cinta, kesehatan, dan keluarga.


-Tempatkan benda-benda dekoratif dan perabotan berbentuk bujur sangkar seperti kerajinan keramik atau gerabah, foto atau lukisan pemandangan, bantal-bantal berwarna kuning lembut, dan karpet berwarna tanah.

 

Unsur Logam – Kemurnian dan Ketepatan

Unsur Logam memperkuat kualitas-kualitas yang berkaitan dengan pengambilan keputusan dan efisiensi seseorang. Kehadiran unsur Logam yang berimbang membantu memberikan pencerahan dan kejelasan dalam kehidupan Anda. Kehadiran elemen Logam dalam rumah atau kantor Anda akan membuat Anda selalu fokus.

Warna abu-abu dan putih adalah warna yang melambangkan unsur ini. Warna-warna ini cocok diletakkan di sebelah Utara rumah atau kantor Anda.

Tips menggunakan unsur Logam:

-Perbanyak unsur Logam di rumah Anda jika Anda merasa frustrasi, tertekan, malas, atau merasa kurang fokus.


-Tempatkan perabotan berbentuk bulat seperti bantal putih, karpet putih, dan meja berwarna unsur besi pada area yang disarankan. Gunakan juga pigura atau meja dengan rangka yang terbuat dari logam.

 

Unsur Air – Kemudahan dan Kelimpahan

Unsur Air di rumah atau kantor Anda akan mendatangkan energi yang memenangkan, menyegarkan, memurnikan, dan memudahkan. Unsur ini juga melambangkan kelimpahan yang berkaitan dengan kekayaan.

Warna-warna yang mencerminkan unsur Air adalah Biru dan Hitam. Anda bisa menempatkan warna ini di aera Utara rumah atau kantor Anda. Selain itu, Anda juga bisa mendapatkan manfaat dari unsur Air dengan menempatkannya di sisi timur dan tenggara.

Tips menggunakan unsur Air:

-Gunakan warna-warna Air dengan penataan yang ‘mengalir’, seperti sifat air itu sendiri, seperti lorong di rumah.


-Tempatkan perabotan berbentuk gelombang atau memiliki lengkung, seperti karpet biru, air mancur, dan lukisan bertema air. Anda juga bisa menempatkan kaca di area-area yang disarankan.

 

Unsur Kayu – Pertumbuhan dan Vitalitas

Unsur Kayu melambangkan kesuburan dan pemulihan. Unsur Kayu akan mendatangkan kesehatan yang prima, vitalitas, dan pertumbuhan. Seperti Air, unsur Kayu juga melambangkan kelimpahan dan kemakmuran.

Warna-warna yang mencerminkan unsur Kayu adalah warna Coklat dan Hijau. Warna-warna ini paling tepat diletakkan di sisi timur atau tenggara rumah dan kantor Anda. Unsur kayu juga bisa mendatangkan manfaat jika diletakkan di bagian selatan.

Tips menggunakan unsur Kayu:

-Gunakan saat Anda membutuhkan terobosan, atau saat Anda membutuhkan visi yang lebih tajam, atau saat Anda ingin meningkatkan kesehatan Anda.


-Tempatkan perabotan berbentuk persegi dan tanaman yang menyehatkan di area-area yang disarankan. Contoh perabotan: bantal hijau, lukisan hutan, karpet coklat, dan lain-lain. (Boy Leonard/Ahm)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini