Hindari Lakukan 7 Hal Ini pada Uang di Awal Tahun

Oleh Annissa Wulan pada 04 Jan 2016, 16:03 WIB
Diperbarui 04 Jan 2016, 16:03 WIB
Perencanaan Keuangan
Perbesar
Perencanaan Keuangan

Liputan6.com, Jakarta Menghemat uang mungkin termasuk ke dalam salah satu resolusi Anda di tahun mendatang. Berdasarkan penelitian Nielsen, separuh masyarakat di dunia menjadikan ini sebagai prioritas mereka di tahun baru. Namun, seperti kebanyakan hal, Anda berpikir untuk menghemat uang Anda, namun tidak pernah mulai melakukannya.

Tahun Baru merupakan saat yang paling tepat bagi Anda untuk mulai benar-benar berhemat dan mengatur pengeluaran Anda.
Generasi saat ini merupakan generasi yang paling cerdas, berdasarkan data dari Pew Research Center. Namun, generasi ini juga merupakan generasi yang paling buruk dalam mengatur keuangan, dibandingkan dengan generasi sebelumnya.

Maka dari itu, kita harus bekerja lebih keras agar bisa menghasilkan uang yang cukup untuk memenuhi kebutuhan hidup di masa mendatang. Anda dapat memulai perubahan kecil pada keuangan Anda untuk mendapatkan dampak yang besar di masa depan.
Ini 7 hal yang harus Anda hindari untuk menyelamatkan dompet Anda, seperti dilansir dari cosmopolitan, Kamis (31/12/2015).

1. Jangan Berbelanja Secara Royal dengan Uang Tunai
Ini adalah tentang cara berpikir Anda. Suatu ketika Anda mendapatkan banyak uang, ini akan membuat otak Anda bersinar dan Anda merasa tidak terkalahkan. Ini merupakan sistem otak yang sama ketika Anda dihadapkan pada makanan dan kokain. Dan sama seperti bahan kimia, keuangan Anda juga akan hancur begitu saja ketika Anda menghabiskan uang pada hal-hal yang tidak penting. Menurut Teresa Ghilarducci, seorang profesor ekonomi di Sekolah Baru untuk Penelitian Sosial di New York, yang membuat seseorang merasa bahagia adalah peningkatan yang stabil dalam standart dan kontrol atas uang mereka. Jadi, daripada Anda membeli tas dari desainer ternama dengan harga selangit, lebih baik Anda menabung uang Anda untuk membeli rumah yang lebih besar. Ini mungkin tidak terasa mengagumkan saat ini, namun Anda akan merasakannya di kemudian hari.

2. Jangan Mengeluarkan Uang untuk Apapun yang Tidak Benar-Benar Anda Butuhkan
Terkadang ketika Anda membeli sebuah barang secara kredit, membayar angsuran setiap bulan menjadi hal yang tidak dapat dihindari. Namun, sistem kredit ini dapat membuat Anda merasa dapat membeli barang apapun, dengan harga berapa pun. Akan banyak tempat yang Anda kunjungi menawarkan barang-barang yang tidak terlalu Anda butuhkan. Anda harus pandai memilih mana hal-hal yang penting untuk Anda, maupun tidak. Mungkin ada yang menawarkan Anda untuk membeli sebuah televisi canggih tanpa uang muka, namun ini akan memberatkan keuangan Anda di masa mendatang dalam jangka waktu yang panjang. Anda dapat mulai mencari barang yang Anda butuhkan di tempat-tempat mahal, namun membelinya di tempat yang menjual barang tersebut dengan harga yang lebih murah.

3. Jangan Abaikan Pembayaran Otomatis
Saat ini, pasti Anda telah memiliki beberapa sistem pembayaran yang langsung dipotong dari rekening Anda setiap bulan. Disini Anda perlu memperhatikan mana hal-hal yang benar-benar memerlukan pengeluaran Anda.

4. Jangan Menyewa Mobil atau Berganti-Ganti Mobil
Mobil jarang menjadi sebuah investasi yang baik. Mereka akan mengalami penurunan harga tanpa Anda sadari. Namun jika Anda benar-benar membutuhkan sebuah mobil untuk kelancaran hidup Anda, belilah yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Mungkin ini tidak tampak keren, namun ini tidak akan membuat Anda merasa menyesal telah mengeluarkan uang. Anda dapat membelinya secara kredit, maupun membayar secara tunai. Ingatlah, ketika Anda membayar secara tunai, Anda dapat menggunakannya selama mungkin Anda inginkan, menyewakannya atau mungkin menjualnya kembali. Namun, ketika Anda menyewa mobil, mungkin Anda mendapatkan mobil dengan model yang terbaru dan tercanggih saat ini, namun ini akan menghabiskan lebih banyak uang Anda untuk jangka waktu yang panjang. Ini sama halnya ketika Anda membeli sebuah apartemen mewah, sedangkan Anda bisa membeli sebuah rumah. Sesuatu yang mewah memang terlihat baik, namun akan lebih cerdas ketika Anda berusaha untuk sesuatu yang bisa Anda miliki.

5. Manfaatkan Promosi
Langganan internet atau TV kabel Anda mungkin sering menawari Anda beberapa promosi. Telepon mereka, minta untuk beralih ke promosi yang sedang berlangsung. Ini dapat membuat Anda menghemat uang Anda lebih banyak.

6. Kurangi Pembayaran Pajak
Satu hal lagi yang dapat membuat Anda menghemat uang Anda dengan lebih baik adalah menghindari pembayaran pajak. Bukan "mangkir" dari pembayaran yang telah Anda setujui, namun Anda bisa mulai mengatur barang-barang yang akan Anda beli, apakah itu menghabiskan banyak uang untuk pembayaran pajaknya. Sebaiknya Anda mulai menghindari hal ini.

7. Jangan Terlalu Banyak Bersenang-Senang
Mungkin terlalu banyak berkumpul dengan teman-teman menjadi kesulitan terbesar Anda tahun lalu. Tahun ini Anda dapat memulai untuk mengatur jadwal Anda bertemu dengan orang-orang. Anda tidak harus mendatangi 5 kafe sekaligus dalam waktu 1 hari, ini akan menghabiskan biaya lebih banyak tanpa Anda sadari. Dan ketika liburan telah usai, Anda harus bekerja dengan lebih keras untuk mendapatkan uang Anda kembali.

Semoga 7 hal di atas dapat membuat resolusi Tahun Baru Anda untuk berhemat bukan lagi sebuah wacana.

 

 

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini
**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6