Sukses

6 Tempat Asyik Sambut Matahari Pertama 2016

Menjelang tahun baru, beberapa lokasi ini bisa jadi pilihan untuk saksikan matahari pertama di 2016.

Liputan6.com, Jakarta Menjelang pergantian tahun, melihat sunrise atau matahari terbit untuk pertama kali di tahun 2016 merupakan salah satu aktivitas wisata yang bisa Anda pilih. Biasanya, dataran tinggi, seperti bukit dan gunung merupakan tempat yang pas untuk Anda menyaksikan indahnya matahari terbit.

Seperti dilansir dari berbagai sumber, Rabu (30/12/2015), berikut beberapa tempat yang cocok untuk menyambut matahari pertama di awal tahun ini.

1. Bukit Moko, Bandung

Bukit Moko (sumber. Liburmulu.com)
Bandung terkenal memiliki beberapa objek wisata dataran tinggi, salah satunya Bukit Moko yang terletak di kawasan Padasuka Kota Bandung. Untuk menuju ke lokasi, Anda dapat melalui akses jalan masuk yang tidak jauh dari Terminal Cicaheum, tetapi cukup sempit untuk kendaraan roda empat dengan jarak tempuh kurang lebih sekitar 8 kilometer. Perjuangan Anda untuk menuju lokasi akan terbayar dengan pemandangan sunrise yang indah.

2. Puncak Ciumbuleuit, Bandung

Puncak Ciumbuleuit (sumber, Flickr.com)
Selain Bukit Moko, Puncak Ciumbuleuit atau Punclut juga salah satu lokasi yang cocok untuk menikmati sunrise. Kawasan ini juga dikenal dengan lesehan-lesehan yang menyajikan jajanan unik. Bagi Anda yang memang gemar menikmati sunrise, tempat ini bisa jadi salah satu pilihan destinasi di Bandung.

3. Candi Borobudur, Magelang, Jawa Tengah

Candi Borobudur (sumber. pegipegi.com)
Melipir ke Magelang, Jawa Tengah, terdapat lokasi wisata Candi Borobudur. Objek wisata ini memiliki kemegahan candi umat Buddha. Bagi Anda yang sedang berlibur atau memang tinggal di sekitar Candi Borobudur bisa menikmati matari terbit pertama kali di tahun 2016.

4. Dieng, Wonosobo

Salah satu bagian terunik Dieng adalah Bukit Sikunir, yakni ebuah bukit sederhana yang menawarkan banyak keindahan.
Daerah pegunungan lain yang menjadi salah satu lokasi menarik untuk melihat sunrise adalah Bukit Sikunir di Puncak Dieng, Wonosobo. Dari Gardu Pandang Dieng yang berjarak sekitar 4 km dari Dataran Tinggi Dieng tersebut, Anda bisa menyaksikan sunrise pertama di tahun 2016.

5. Gunung Bromo

Merasakan pesona alam sekitar gunung Bromo saat tahun baru pastinya menyenangkan. Nuansa mendekatkan diri ke alam saat menjelang tahun baru menjadi suatu pengalaman yang tak akan terlupakan. (www.beautyofindonesia.com)
Lokasi wisata Gunung Bromo menjadi salah satu tempat favorit bagi para penggemar sunrise yang ada di Indonesia, khususnya Jawa Timur. Untuk menyaksikan indahnya sunrise pertama di tahun 2016, Anda bisa menikmatinya dari beberapa lokasi, seperti Bukit Pananjakan.

6. Pantai Sanur, Bali

Pantai Sanur, Bali (sumber. phinemo.com)
Bali memiliki beragam objek wisata yang sudah mendunia. Musim liburan menjelang awal tahun baru tak ada salahnya menyempatkan diri mengunjungi Pantai Sanur, Bali untuk menikmati sunrise pertama di tahun 2016. Pantai ini memang terkenal sebagai Sunrise Beach, karena lokasinya yang berada di sebelah timur Pulau Bali.

 

** Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini 
** Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.