Sukses

Kaleidoskop Januari 2015 : 10 Fenomena Alam Paling Aneh di Dunia

Top Hits Januari 2015 : fenomena alam paling aneh di dunia seperti bukan berada di bumi.

Liputan6.com, Jakarta Menjelang akhir tahun 2015, Liputan6.com telah merangkum beberapa berita hits setiap bulannya dalam sebuah kaleidoskop 2015 yang diawali pada bulan Januari. Dunia ini menyimpan segudang misteri, termasuk beberapa fenomena alam yang cukup aneh. Misalnya, seperti yang sudah cukup dikenal, adalah sungai bawah laut yang terletak di negara Meksiko.

Fenomen alam ini tidaklah terjadi karena hal-hal gaib atau supranatural lainnya. Sebab, ternyata seluruh fenomena alam dapat dijelaskan secara ilmiah.

Dilansir dari Emlii, pada Kamis (10/12), berikut adalah beberapa fenomena alam unik yang mungkin belum Anda lihat. Saat melihatnya, mungkin Anda akan berpikir bahwa tempat ini tidak berada bumi seperti yang kita tempati saat ini.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 11 halaman

Bioluminescence

1. Bioluminescence

Bioluminescence

Apa yang Anda lihat adalah pantai dengan air yang menyala berwarna biru. Bukan dalam film fantasi, sebab ini benar-benar terjadi. Fenomena alam ini disebut bioluminescence, yaitu emisi cahaya yang dihasilkan oleh makhluk hidup karena adanya reaksi kimia tertentu.

Bioluminescence telah ditemukan secara alami pada banyak makhluk hidup seperti bakteri dan organisme lain di perairan.

 

3 dari 11 halaman

Lenticular Clouds

2. Lenticular Clouds

Lenticular Clouds

Gambar di atas bukanlah penampakkan kedatangan UFO. Itu adalah awan yang bernama Lenticular Clouds. Awan ini berlapis-lapis dan terbentuk karena adanya udara lembab yang dipaksa mengalir ke atas di sekitar puncak gunung.

Para pilot pesawat akan sebisa mungkin menghindari terbang di dekat awan ini karena akan memicu turbulensi yang kuat.

 

4 dari 11 halaman

Finnish Lapland

3. Finnish Lapland

Finnish Lapland

Foto di atas diambil di Lapand, salah satu daerah terluas di Finlandia. Pada musim dingin, patung-patung aneh seperti gambar di atas akan terbentuk.

Penjelasannya, patung-patung tersebut sebenarnya adalah benda-benda biasa seperti pohon. Tetapi, karena tebalnya salju, benda-benda tersebut terselimuti dan membentuk objek-objek yang aneh.

 

5 dari 11 halaman

Morning Glory Clouds

4. Morning Glory Clouds

Morning Glory Clouds

Morning Glory Clouds adalah jenis awan yang sangat langka. Awan yang memanjang ini bahkan dapat meregang sepanjang 1000 km dan berada pada ketinggian hingga 2 km.

Salah satu tempat yang cukup sering mengalami fenomena ini adalah Burketown, Queensland, Australia. Di sana, awan ini terjadi tiap musim semi. Awan ini dapat menyebabkan turbulensi yang hebat pada pesawat terbang.

 

6 dari 11 halaman

Waterspouts

5. Waterspouts

Waterspouts

Waterspouts adalah tornado yang terbentuk di atas air. Waterspouts dapat mencapai kecepatan hingga 305 km/jam.

 

7 dari 11 halaman

The Everlasting Storm

6. The Everlasting Storm

The Everlasting Storm

Foto di atas memang cukup menyeramkan dan benar-benar terjadi. Dinamakan The Everlasting Storm, peristiwa alam ini terjadi di Venezuela. Di sungai Catatumbo, awan yang sangat unik berputar dan menciptakan petir seperti gambar di atas.

Bukan tanpa alasan petir ini disebut dengan The Everlasting Storm. Pasalnya, petir ini terus keluar hingga 160 hari dalam setahun, 10 jam per hari dan 280 kali per jam.

 

8 dari 11 halaman

The Gateway to Hell

7. The Gateway to Hell

The Gateway to Hell

Namanya memang menyeramkan, tetapi sebenarnya fenomena ini dapat dijelaskan secara ilmiah. The Gateway to Hell yang berada di Turkmenistan ini merupakan tempat dimana gas alam keluar melalui celah-celah bebatuan. Saat ada pemicu, maka tempat yang penuh dengan gas tersebut pun terbakar.

Fenomena ini bukanlah satu-satunya, salah satu tempat yang mirip adalah gunung Yanar Dag di Azerbaijan.

 

9 dari 11 halaman

Spherical Boulders

8. Spherical Boulders

Spherical Boulders

Apa yang Anda lihat bukanlah bola atau benda lainnya yang dibuat manusia. Benda berbentuk bulat sempurna ini adalah murni bentukan alam selama 60 juta tahun.

Bola ini awalnya dibentuk di dasar laut. Tetapi, karena erosi pantai, bola ini pun dapat dilihat orang lain.

 

10 dari 11 halaman

Crop Circles in Water

9. Crop Circles in Water

Crop Circles in Water

Pola-pola seperti pada gambar di atas tidaklah berada di ladang jagung seperti crop circles pada umunya, melainkan berada di salah satu dasar laut perairan Jepang. Ditemukan beberapa crop circles yang memiliki pola berbeda-beda.

Temuan yang mengejutkan adalah, pola-pola ini ternyata diproduksi oleh ikan kecil yang memiliki panjang tidak lebih dari 5 inci. Pola-pola ini dibuat oleh mereka dengan tujuan menarik pasangan.

 

11 dari 11 halaman

Underwater Rivers

10. Underwater Rivers

Underwater Rivers

Sungai bawah laut ini tidak terjadi karena faktor supranatural. Fenomena ini sepenuhnya ilmiah. Terletak di Cenote Angelita, Mexico, sungai bawah laut ini terjadi karena beberapa zat seperti hidrogen sulfur menyatu dengan sebagian air. Air yang tercampur tersebut akhirnya jatuh dan membentuk aliran yang terpisah.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.