Sukses

Tahukah Anda Pelukan Memiliki Banyak Manfaat Penting?

6 Manfaat penting dari pelukan yang harus Anda ketahui

Liputan6.com, Jakarta Berpelukan merupakan suatu kegiatan yang sangat sederhana. Tidak membutuhkan biaya dan banyak energi namun kaya manfaat. Berpelukan dapat menjadi terapi penyembuhan yang ampuh. Dari hasil penelitian memperlihatkan bahwa berpelukan sangat efektif untuk menyembuhkan masalah kejiwaan, depresi, cemas, stress dan juga penyakit fisik.

Berpelukan yang erat dan dalam, akan membuat jantung saling menekan satu sama lain. Sehingga, begitu banyak manfaat yang akan diperoleh saat berpelukan. Berikut 10 manfaat berpelukan, seperti dilansir dalam mindbodygreen.com:

1. Memberikan rasa aman

Sentuhan alami dari pelukan akan membangun kepercayaan dan perasaan aman. Pelukan tidak hanya dapat dilakukan kepada pasangan, tetapi kepada orang terdekat seperti, orangtua, anak, saudara. Pelukan dapat membantu komunikasi yang jujur dan terbuka.

2. Meransang hormon oxytocin dan serotonin

Pelukan dapat meningkatkan hormon oxytocin secara instan yang dapat membuat anda merasa tenang, menjauhkan Anda dari perasaan kesepian, terisolasi dan marah. Sedangkan serotonin dapat memperbaiki mood dan membuat Anda lebih bahagia.

3. Meningkatkan kekebalan tubuh

Siapa sangka berpelukan dapat menguatkan sistem imun kita secara alami. Tekanan yang lembut pada tulang dada dan emosi dapat mengaktifkan Solar Plexus Chakra. Hal ini dapat meregulasi dan menyeimbangkan metabolisme tubuh untuk memproduksi sel darah putih yang akan membuat Anda tetap sehat.

4. Meningkatkan kepercayaan diri

Jika Anda tumbuh di keluarga yang sering memberikan pelukan, ini adalah salah satu cara untuk memperlihatkan bahwa mereka mencintai Anda dan menganggap Anda spesial. Hal ini akan membuat Anda merasa percaya diri, merasa dihargai dan dicintai. Saat Anda dewasa perasaan ini akan berperan penting untuk mengembangkan sifat menghargai dan mencintai diri sendiri.

5. Meberi ketenangan pikiran

Pelukan dapat menyeimbangkan sistem tubuh saat kita merasa tegang. Respon yang mengalir dari rangsangan antar kulit saat menerima dan memberikan pelukan dapat mengantarkan kelembapan dan reaksi listrik di kulit. Reaksi ini akhirnya membuat kondisi mental menjadi lebih seimbang.

6. Mengajarkan kita memberi dan menerima

Pelukan dapat memberikan perasaan menerima dan diterima secara bersamaan. Pelukan dapat mengajarkan kita bagaimana cinta mengalir dengan kedua cara tersebut.

(Latif pungkasniar)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini