Saat Fantasi Anak-anak Menjelma Jadi Boneka

Oleh Bio In God Bless pada 08 Nov 2015, 17:00 WIB
Diperbarui 08 Nov 2015, 17:00 WIB
IKEA Soft Toy Drawing Competition 2015
Perbesar
Foto: Dok. IKEA Indonesia

Liputan6.com, Jakarta IKEA mengajak anak-anak Indonesia untuk menggambar boneka impian dalam sebuah ajang kompetisi global `IKEA Soft Toy Drawing Competition 2015`. Kompetisi menggambar ini berlangsung serentak di seluruh dunia pada 8-22 November 2015.

IKEA Soft Toy Drawing Competition ini mengajak anak-anak untuk menggambar boneka impian mereka, dimana masing-masing negara yang berpartisipasi harus bersaing agar menjadi salah satu dari 10 pemenang. Nantinya hasil karya para pemenang itu akan diproduksi oleh IKEA dalam bentuk soft toys dan dijual di toko IKEA pada tahun berikutnya.

“Dari hasil penjualan boneka tersebut, sebagian disisihkan untuk membantu sesama anak-anak dalam hal pendidikan di belahan lain di bumi oleh IKEA Foundation. Jadi, anak-anak berkesempatan membantu anak lain yang kurang beruntung dengan cara yang menyenangkan,” jelas Marketing Manager IKEA Indonesia, Eliza Fazia, seperti dikutip dari rilis media yang diterima Liputan6.com.

Untuk berpartisipasi, anak-anak didampingi orang tuanya cukup datang ke Toko IKEA Alam Sutera dan mendaftar langsung untuk mendapatkan peralatan dan kertas menggambar khusus. Anak-anak diharuskan menggambar di area yang telah disediakan, dan hasil kreasi ini kemudian diserahkan kembali hari itu juga di tempat pendaftaran.

Sebanyak 40 semi finalis akan dipilih dan karyanya akan diposting di akun Facebook IKEA. Masyarakat kemudian akan memilih gambar favoritnya. Panel Juri IKEA selanjutnya akan memilih 20 gambar terbaik berdasarkan penilaian juri serta mempertimbangkan hasil voting. IKEA Indonesia akan memajang 20 gambar yang terseleksi untuk mengikuti proses seleksi 10 terbaik tingkat dunia di Swedia. Kesepuluh pemenang tingkat dunia akan diiumumkan pada Februari 2016.

Kegiatan ini merupakan rangkaian dari Kampanye Soft Toys untuk Pendidikan yang dilaksanakan setiap tahunnya dari bulan November hingga Januari, dimana IKEA Foundation bekerjasama dengan UNICEF dan Save The Children mendukung pendidikan anak-anak yang kurang beruntung di berbagai wilayah di dunia. Tahun ini merupakan tahun ke-13 penyelenggaraan Kampanye Soft Toys untuk Pendidikan.

Untuk setiap pembelian soft toy, baik yang didesain oleh anak-anak maupun soft toys lainnya, selama periode November 2015 – Januari 2016, IKEA melalui IKEA Foundation akan mendonasikan 1 Euro untuk pendidikan bagi anak-anak. Selama lebih dari 12 tahun, Kampanye Soft Toys untuk Pendidikan telah berhasil mengumpulkan dana senilai 77 juta euro (1,1 triliun rupiah), menjangkau lebih dari 11 juta anak-anak melalui 99 proyek di 46 negara.