Sukses

Makanan atau Minuman yang Bikin Wajah Cepat Keriput (4)

Anda adalah apa yang Anda makan. Itulah mengapa makanan dan minuman sangat berperan penting membentuk penampilan Anda.

Liputan6.com, Jakarta Anda adalah apa yang Anda makan. Itulah mengapa makanan dan minuman sangat berperan penting membentuk penampilan Anda.

Makanan berperan dalam menyebabkan gejala penuaan seperti noda, bengkak, perbedaan warna kulit, dan keriput. Bagian wajah yang paling terkena dampak misalnya dahi, dagu, pipi, atau mata, tergantung dari makanan yang dimakan.

Seperti halnya kaki, wajah dapat merefeksikan kesehatan kita secara keseluruhan. Berikut perubahan wajah yang dapat dirasakan dari makanan atau minuman yang dikonsumsi seperti dikutip dari Dailymail, Selasa (3/11/2015).

4. Gluten

Dampak mengonsumsi terlalu banyak gluten pada wajah. Sumber: Dailymail


Gejala yang mungkin dirasakan saat terlalu banyak makan gluten adalah pipi bengkak kemerahan, dan noda hitam pada dagu.

Banyak orang sensitif terhadap gluten, proten yang ditemukan pada gandum. Meskipun tidak semuanya mengalami penyakit celiac, kondisi autoimun ketika gluten membuat tubuh menyerang dirinya sendiri. Namun, protein ini bisa meningkatkan respon inflamasi pada tubuh, yang menjadikan wajah tampak bengkak.

Gluten juga dapat mempengaruhi pigmentasi kulit yang menyebabkan noda pada wajah. Kebanyakan noda terjadi pada dagu karena berkaitan dengan organ reproduksi yang terganggu hormonalnya karena gluten.

Untuk mengatasinya, kurangi produk bergluten. Minum lebih banyak air dan serat untuk mengatasi bengkak. (Uno)

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.