Sukses

Makanan atau Minuman yang Bikin Wajah Cepat Keriput (2)

Makanan apa saja yang berperan menyebabkan gejala penuaan, seperti noda, bengkak, perbedaan warna kulit, dan keriput?

Liputan6.com, Jakarta Wajah merupakan indikasi kesehatan secara keseluruhan. Wajah dapat memetakan dan berhubungan dengan organ spesifisik dalam tubuh, seperti halnya kaki.

Lebih dari 10 tahun, pakar spesialis perawatan kulit Nigma Talib telah melihat perubahan-perubahan pada wajah pasiennya berkaitan dengan makanan yang dikonsumsi. Ini berkaitan dengan makanan dapat mempengaruhi kesehatan usus yang dampaknya langsung dirasakan pada wajah.

Makanan berperan dalam menyebabkan gejala penuaan seperti noda, bengkak, perbedaan warna kulit, dan keriput. Bagian wajah yang paling terkena dampak misalnya dahi, dagu, pipi, atau mata, tergantung dari makanan yang dimakan.

Berikut perubahan wajah yang dapat dirasakan dari makanan atau minuman yang dikonsumsi seperti dikutip dari Dailymail, Selasa (3/11/2015).

 

Baca Juga

 

 

2. Gula

Dampak mengonsumsi gula berlebihan pada wajah


Garis dan kerutan pada dahi, bagian bawah mata kendur, jerawat dan bintik-bintik di berbagai lokasi, warna kulit tidak merata, dan kulit wajah menipis. Itulah yang akan terjadi pada wajah orang terlalu banyak mengonsumsi gula.

Gula yang dimaksud tidak hanya gula pasir untuk membuat minuman, tetapi juga karbohidrat yang didapat dari kue-kue manis dan nasi putih. Makanan-makanan ini akan membuat Anda sulit untuk tampak muda.

Gula memicu proses yang disebut glikasi sehingga ketika molekul glukosa berlebihan di tubuh, tubuh akan mengikatnya dengan kolagen. Padahal kolagen dibutuhkan tubuh untuk membuat kulit tampak kenyal. Maka tak heran orang yang memakan gula dalam jumlah berlebihan setiap harinya kulitnya cenderung lebih tipis dan keriput pun tampak lebih jelas.

Kelebihan gula juga berdampak pada distribusi lemak juga. Sehingga orang yang makan terlalu banyak gula akan tampak lebih kendur karena lemak yang seharusnya mengisi beberapa bagian wajah tidak terdistribusi dengan baik. (Uno/Ibo)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.