Sukses

Tips Pilih Rumah Makan di Tempat Wisata

Kebanyakan orang merasa tidak sempat membuat bekal saat ingin berwisata, dan lebih memilih makan di rumah makan terdekat.

Liputan6.com, Jakarta Perencanaan merupakan salah satu hal penting yang harus dilakukan sebelum Anda melakukan perjalanan wisata. Perencanaan tentu meliputi banyak hal, salah satunya adalah bekal makanan. Namun demikian, banyak orang yang tidak sempat untuk membuat bekal, dan lebih memilih mencari makanan di restoran terdekat. Padahal tidak semua restoran atau rumah makan menyajikan makanan yang higienis, bersih, dan dengan harga yang terjangkau.

Berikut cara memilih rumah makan saat Anda berada di tempat wisata.

1. Pilihlah rumah makan yang bersih
Tidak dipungkiri kebersihan adalah hal yang sangat menentukan saat memilih rumah makan. Tentu kita tidak ingin acara berwisata kita terganggu oleh sakit perut karena mengonsumsi makanan yang tidak kita perhatikan kehigienisannya.

2. Pastikan harga makanan
Sudah menjadi rahasia umum bahwa harga makanan di tempat wisata biasanya akan melambung. Hal ini sering dipicu karena konsumen di rumah makan tersebut akan berganti-ganti setiap hari. Sehingga harga mahal pun terkadang sering dijadikan hal yang lumrah. Bahkan di tempat wisata terkadang dapat dijumpai pedagang-pedagang yang nakal menembak pelanggan dengan harga yang tidak realistis.

Untuk menyiasatinya kita harus mencari rumah makan yang sudah menyertakan harga di daftar menu. Jika belum ada, jangan segan-segan untuk bertanya kepada pelayan rumah makan berapa harga yang akan kita pesan. Bertanya lebih baik daripada masuk jebakan ditembak dengan harga yang tinggi bukan?

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Pilihlah rumah makan yang ramai

3. Pilihlah rumah makan yang ramai
Pengunjung yang memadati sebuah rumah makan biasanya mempunyai beberapa alasan. Mulai dari makanan yang enak, tempat yang nyaman, harga yang murah, dan pelayanan yang memuaskan. Belum lagi ketika rumah makan tersebut sedang menyediakan promo khusus. Namun dari kelebihan-kelebihan yang telah disebutkan tadi, memilih rumah makan yang ramai pengunjung mempunyai kekurangan juga.

Makanan yang dipesan akan membutuhkan waktu penyajian sedikit lebih lama karena banyaknya pesanan yang masuk. Selain itu orang yang banyak juga akan membutuhkan tempat yang banyak pula, jadi sabar saja jika harus berbagi tempat dengan orang lain.

4. Pilihlah rumah makan yang menyediakan makanan khas
Mencicipi makanan khas merupakan salah satu hal yang sebaiknya dilakukan saat berwisata. Saat berwisata kita dapat mencoba, melihat, melakukan, dan mencicipi hal yang baru. Lalu apa salahnya untuk mencoba makanan khas yang hanya ada di daerah tempat wisata tersebut. (Latif Pungkasniar/Ibo)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.