5 Sajian Kuliner Peru yang Dahsyat Sekaligus Maknyus

Oleh Firman Fernando Silaban pada 20 Okt 2015, 16:00 WIB
Diperbarui 20 Okt 2015, 16:00 WIB
Cebiche
Perbesar
Salad ala Peru dengan irisan ikan mentah yang segar dan sayuran (Sumber. Cnn.com)

Liputan6.com, Jakarta Tak berlebihan jika menganggap Peru sebagai pusat kuliner dunia, pasalnya negara beribukota Lima ini telah lama dikenal dengan kulinernya yang banyak memadukan berbagai kultur dan budaya dari negara di seluruh dunia. Sejak zaman pra-Kolombia, masakan Peru kaya bumbu dan rempah yang datang dari segala penjuru dunia.

Makanan Peru yang modern, lebih banyak terinspirasi dari masakan Jepang, Cina, Italia, dan Spanyol. Anda juga tidak perlu khawatir akan harga yang dicantumkan untuk menikmati hidangan ini.

Beberapa restoran yang ada di ibukota negara Peru, Lima, menyajikan makanan lezat berkelas dengan cita rasa yang kaya dengan harga yang terjangkau. Mulai dari sajian telur puyuh yang disiram saus panas, hingga kesegaran Cebiche yang merupakan salad segar, tentu menggoda selera makan Anda.

Berikut 5 sajian kuliner yang wajib dicoba saat Anda berkunjung ke Peru, seperti dilansir dari CNN.com, Senin (19/10/2015).

Cebiche

Salad ala Peru dengan irisan ikan mentah yang segar dan sayuran (Sumber. Cnn.com)
Diklaim sebagai hidangan andalan dari Peru, para pecinta kuliner dapat menyicipi kesegaran salad ala Peru dengan irisan ikan mentah segar dan sayuran. Karena biasa disajikan di dekat pantai, hidangan ini dipenuhi dengan banyak hasil laut, seperti tuna, gurita, kerang hitam, landak laut, dan ikan bass yang terjaga kesegarannya.

2 dari 5 halaman

Picarones

Picarones

Semacam donat manis dengan bahan dasar kentang manis yang disajikan dengan gula serbuk dan kayu manis. (Sumber. Cnn.com)
Anda mungkin mengira makanan ini sama seperti donat pada umumnya. Namun, makanan ini ternyata bukanlah donat biasa yang terbuat dari adonan tepung terigu. Bahan utama dari makanan yang disajikan sebagai cemilan ini adalah kentang manis dan Zapaloo macre, yang dibumbui dengan serbuk gula dan kayu manis. Bahkan Picarones dianggap jauh lebih enak dibandingkan donat pada umumnya.

3 dari 5 halaman

Cuy Chactado

 Cuy Chactado

Steik babi dengan bumbu rempah-rempah. (Sumber. Cnn.com)
Pada dasarnya makanan ini seperti steik dengan bahan dasar Babi. Hal tersebut dikarenakan ayam dan sapi lebih banyak tersebar di daerah utara. Makanan ini disajikan dengan bumbu rempah-rempah khas Peru sebagai sausnya. Jika Anda tidak menghendaki menggunakan daging babi, Anda juga dapat menggantinya dengan daging ayam atau sapi.

4 dari 5 halaman

Nikkei Cuisine

Nikkei Cuisine

Makanann yang merupakan perbapduan antara masakan Jepang dan Peru. (Sumber. cnn.com)
Makanan ini merupakan kolaborasi antara masakan Peru dan Jepang yang bersatu padu menjadi kuliner dengan cita rasa unik. Menurut sejarahnya, perpaduan antara masakan Jepang dan Peru terjadi ketika migrasi Jepang ke Peru pada awal abad ke-20. Peru yang juga kaya dengan hasil lautnya memadupadankan kesegaran setiap irisan gading ikan mentah, seperti halnya pada Sashimi dari Jepang.

5 dari 5 halaman

Anticuchos

Anticuchos

Semacam sate ala Peru yang terbuat dari jantung sapi dengan bumbu bawang putih, cuka, dan cabai. (Sumber. Cnn.com)
Makanan ini berbentuk seperti sate di Indonesia, hanya saja masakan ini menggunakan irisan jantung sapi yang ditusuk dan dibumbui dengan cabai dan cuka, serta irisian bawang putih. Biasanya makanan ini disajikan bersama dengan kentang rebus atau jagung rebus. Makanan ini sangat cocok dijadikan cemilan saat Anda menghabiskan waktu di siang atau sore hari.

(Ffs/Ibo)

 

Lanjutkan Membaca ↓