Sukses

Benarkah Nasi Manado Ini Mirip Dolsot Bibimbab dari Korea?

Indonesia ternyata memiliki persamaan dalam hal kuliner dengan Korea.

Liputan6.com, Jakarta Budaya korea, mulai dari musik K-pop hingga kulinernya semakin membumi di masyarakat Indonesia. Berbicara tentang kuliner Korea, banyaknya peminat dan besarnya ketertarikan masyarakat Indonesia terhadap hal-hal tentang Korea membuat beberapa menu makanan Korea terdengar familiar di Indonesia. Sebut saja Kimchi, Ramen, dan Bibimbab. Namun tahukah Anda salah satu dari jenis makanan favorit yang berasal dari Negeri Ginseng ini memiliki persamaan dengan menu makanan khas Indonesia, Nasi Cakalang Pampis dari Manado.

Nasi Cangkalang Pampis berkonsep serupa dengan makanan khas dari Korea Dolsot Bibimbab

Nasi Cakalang Pampis atau yang lebih dikenal dengan nasi bakar Manado ini, sekilas terlihat mirip dengan menu nasi Korea, Dolsot Bibimbab. Keduanya terbuat dari bahan dasar nasi yang di campur dengan aneka sayur-sayuran segar. Ditambah dengan lauk seperti ikan dan daging mereka benar-benar terlihat seperti makanan yang sama. Anda tidak akan menyangka mereka berasal dari dua negara yang berbeda budaya.

Nasi Cangkalang Pampis berkonsep serupa dengan makanan khas dari Korea Dolsot Bibimbab

Jika menilik dari segi rasa, Nasi Cakalang Pampis terasa lebih khas dengan ikan cakalangnya yang gurih di mulut. Namun Dolsot Bimbimbab juga memiliki kelebihan dari sayuran segarnya yang lebih bervariasi. Keduanya memiliki rasa yang khas masing-masing sesuai dengan selera masyarakat di negaranya.

Bondan Winarno, salah satu pakar kuliner Nusantara merupakan orang pertama yang menemukan keunikan dua makanan ini. Menurutnya kekayaan kuliner Indonesia sangat tidak terhingga dan tidak mengherankan terdapat di beberapa negara lainnya meskipun dalam nama dan penyajian yang berbeda. Bonda juga mengatakan konsep nasi yang dipadukan dengan sayuran dan lauk ini sama-sama menjadi kekuatan dari kedua jenis makanan dari padanan nasi ini.

Nasi Cangkalang Pampis berkonsep serupa dengan makanan khas dari Korea Dolsot Bibimbab

"Nasi Cakalang Pampis ini mirip dengan nasi Korea Dolsot Bibimbab. Nasi yang dicampurkan dengan sayuran dan lauk dan menghasilkan rasa yang nikmat dan luar biasa" ujarnya saat ditemui usai Festival Nasi Indonesia, pekan lalu di Senayan City.

Jadi, Anda tidak perlu harus terbang ke Negri Gingseng untuk menikmati kuliner khas Korea, cukup dengan berkunjung ke Manado dan rasakan sendiri nikmatnya Nasi Cangkalang Pampis yang tidak jauh beda dengan makanan khas Korea tersebut. Indonesia juga memiliki kekayaan kuliner yang berlimpah, jika bukan Anda siapa lagi yang akan mengakui dan melestarikannya. (Mit/Ibo)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.