Berburu Makanan Khas Bogor di Festival Botram 2015

Oleh Bima Firmansyah pada pada 06 Sep 2015, 16:35 WIB
Festival Bogor Travel and Meals 2015

Liputan6.com, Bogor Bagi anda pencinta kuliner dan sedang berlibur ke Kota Bogor, tidak ada salahnya datang ke Festival Bogor Travel and Meals (BOTRAM) 2015. Acara yang digelar disepanjang Jalan Kesehatan, Kota Bogor ini menghadirkan makanan dan minuman khas Kota Hujan.

Ada sekitar 50 gerai makanan dan 15 stand foodtruck yang tersedia di Festival Botram. Aneka macam makanan di Botram ini hasil dari usaha kecil menengah. Acara ini diadakan atas kerjasama Pemerintah Kota Bogor dengan Citra Activation.

"Nama akronim Botram ini juga berasal dari kata bahasa sunda yang artinya makan bersama-sama,” ujar Sukmana, salah satu perwakilan Citra Activation, kepada liputan6.com, Minggu (6/9/2015). Para pengunjung di sini bisa mencicipi makanan khas Bogor seperti Doclang, Toge Goreng dan Laksa. Atau bisa mencoba segarnya es pala dan bir kocok khas Bogor.

"Selain kuliner asli Bogor, kuliner barat juga ada seperti yang ada di stand-stand foodtruck diantaranya taco, burger, hotdog dan kebab. Jadi dijamin makanan dan minumannya enak-enak," jelasnya. Selain itu, sambil menikmati kuliner yang beragam, penyelenggara Botram juga menyuguhkan pentas seni dan budaya, modern dance dan pentas musik.

"Untuk acara puncaknya kita hadirkan band The Rain dan band-band lokal Bogor," paparnya. Dijelaskan Sukma bahwa acara Botram sendiri sebenarnya acara puncak pembinaan UKM Kuliner.

Para pelaku UKM yang berpartisipasi dalam festival ini sebelumnya telah mendapatkan pembinaan dari sejumlah profesional seperti Chef Bara Pattiradjawane, dosen Binus University International, Head of Program Hospitality and Tourism Management, MUI Halal Center dan Dinas Kesehatan Kota Bogor.

"Jadi setelah mendapat pembinaan dari orang profesional, para pelaku usaha ini menyelenggarakan Botram," jelasnya. Wali Kota Bogor Bima Arya Sugiarto menyambut baik Festival Botram. Menuturnya kegiatan ini merupakan upaya Pemerintah Kota Bogor dalam mempromosikan ragam kuliner Khas Bogor.

Diharapkan digalakannya acara-acara seperti ini mampu mendokrak pendapatan daerah di sektor pariwisata. Pasalnya jumlah pengunjung atau wisatawan yang masuk ke Kota Bogor setiap akhir pekan bisa mencapai 200 ribu hingga 300 ribu orang.
"Untuk Botram Festival baru kali ini kita laksanakan. Jika responnya positif bisa dijadikan agenda tahunan. Kota Bogor saat ini belum memiliki area khusus atau tempat bagi para wisatawan untuk bisa menikmati kuliner khas Bogor," pungkasnya.

(Bima Firmansyah)