Sukses

Puas Menjamah Pulau Samalona dalam Sehari

Cukup menempuh 30 menit dari dermaga Pantai Losari, Anda bisa menikmati pasir putih lembut dan air jernih yang menyambut.

Liputan6.com, Jakarta Dikenal sejak lama sebagai bangsa maritim yang tangguh, nampaknya membuat masyarakat Sulawesi Selatan bagian pesisir akrab dengan laut. Tiap hari dermaga Pantai Losari tidak pernah sepi dari hilir mudik perahu, mulai dari anak sekolah, para pedagang, hingga wisawatan. Hal ini terjadi mengingat tidak jauh dari lepas pantai Makassar terdapat banyak pulau yang masih berpenghuni.

air laut yang jernih menyambut wisatawan yang menyeberang dari Pantai Losari

Satu di antara beberapa pulau kecil terdekat dari pelabuhan Pantai Losari adalah Pulau Samalona. Untuk sampai ke pulau tersebut, Anda bisa menggunakan jasa sewa perahu boat dengan menempuh jarak sekitar 2 km. Ada dua jenis jasa sewa yang ditawarkan, yaitu umum dan pribadi. Perahu yang bersifat umum tarifnya lebih murah, namun jam keberangkatan dan pulang sudah ditentukan.

Indahnya pasir putih Pulau Samalona

Saat tim Liputan6.com berkunjung yang ditulis pada Jumat, (4/9/2015), dari dermaga Pantai Losari menuju ke Pulau samalona hanya menghabiskan waktu 30 menit. Sesampainya di Pulau Samalona, pasir putih yang lembut dan air laut yang jernih menyambut. Dari ukurannya yang terus menyusut, luas Pulau Samalona kini hanya tersisa kurang dari 2 hektar.

Keindahan terumbu karang Pulau Samalona

Banyak aktivitas wisata yang bisa dilakukan di pulau ini. Namun sebagian besar wisatawan yang datang ke Pulau Samalona mengaku sengaja datang untuk mengagumi terumbu karang bawah lautnya yang menawan. Fasilitas sewa alat menyelam juga telah disediakan dengan harga yang bervariatif.

Mengingat lokasi Pulau Samalona yang tidak jauh dengan beberapa pulau kecil lainnya, seperti Pulau Barang Caddi dan Pulau Barang Loppo, para wisawatan biasanya mengambil waktu seharian untuk bisa menjamahi ketiga pulau tersebut dan mengagumi keindahan serta budaya masyarakatnya. (Ibo/Nad)

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini