Sukses

3 Sajian Kuliner Khas Lombok, Mantap!

Patut Anda coba. 3 kuliner khas Lombok ini bakal bikin lidah Anda ketagihan!

Liputan6.com, Jakarta Pulau Lombok yang sudah tidak asing ditelinga kita ini punya arti dalam bahasa Indonesia, 'Lombok' yang artinya 'cabai'. Sudah terlintas dalam benak pasti makanan khas Lombok kebanyakan terbuat dari cabai.

Berwisata ke Pulau Lombok berarti siap untuk menyantap makanan yang menjadi favorit masyarakat di sekitar sana yaitu serba pedas dan panas dimulut. Jika Anda sedang berwisata ke Pulau Lombok Anda harus coba cicipi 3 sajian khas kuliner dari Pulau Lombok ini:

1. Sate Bulayak

Sate Bulayak dijual di kios dan gerobak dorong. Sate Bulayak  terbuat dari tusuk ayam, daging sapi atau jeroan. Cita rasa dari sate ini tidak terlalu manis, cenderung asin. Warnanya merah kekuningan, karena kuahnya dibuat menggunakan kaldu daging yang campur dengan rempah. Anda dapat menambah sedikit perasan jeruk nipis dan irisan cabai rawit agar lebih nikmat.

2. Ayam Taliwang

Ayam Taliwang hanya terbuat dari anak ayam kampung yang berusia antara 3 sampai 5 bulan. Ayam yang dipilih adalah bagian ayam kecilnya karena dagingnya yang lebih lezat. Kemudian direndam dalam rempah-rempah yang ditambahkan dengan cabe rawit, bawang putih, bawang merah, terasi, kencur dan garam. Ayam ini kemudian digoreng atau dipanggang dan disajikan dengan nasi panas mengepul. Hidangan ini terasa istimewa karena terdapat campuran bawang merah dan cabai rawit spesial yang hanya bisa Anda temukan disana.

3. Plecing Kangkung

Plecing kangkung adalah hidangan lain yang tidak boleh Anda lewatkan sebagai pelengkap saat makan ayam Taliwang. Selada air atau kangkung Lombok direbus kemudian disajikan dengan tomat disiram bumbu sambal. Bumbunya terdiri dari cabai rawit, pasta udang dan tomat.

Selanjutnya ditambahkan dengan air jeruk nipis untuk menambahkan sensasi meledak dimulut Anda. Selada air dari Lombok ini berbeda dari daerah lain karena ditanam di tepi sungai yang mengalir sehingga menghasilkan batang yang panjang dan renyah. Sajian ini juga dapat ditambahkan sayuran lain seperti tauge, kacang panjang, dan kacang tanah.

Ehm... sajian tadi hanya dapat ditemukan di Pulau Lombok saja, lho! Bulan September ini sedang berlangsung Bulan Budaya Lombok-Sumbawa.

Ikuti kuis #KultwitLip6 Berhadiah 2 Tiket Liburan ke Lombok, selengkapnya di sini.

(Adv)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini