Sukses

Humor Desainer Karl Lagerfeld atas Krisis Ekonomi Yunani

Desainer Karl Lagerfeld buat ilustrasi yang menyindir kebijakan aliran dana untuk menuntaskan krisis ekonomi Yunani.

Liputan6.com - Karl Lagerfeld, Creative Director rumah mode Chanel, memang dikenal sebagai sosok yang cukup eksentrik. Tapi apa yang dilakukannya kali ini mungkin benar-benar di luar dugaan Anda.

Ketika seorang desainer seperti dirinya bercanda soal busana adalah sesuatu yang sangat lumrah, maka berkomentar humoris melalui karikatur mengenai isu ekonomi global adalah hal yang cukup mengejutkan. Yang dimaksud di sini adalah krisis ekonomi Yunani.

`Karlikatur` adalah judul ilustrasi yang ia buat untuk majalah akhir pekan Frankfurter Allgemeine. Isi gambarnya adalah figur Kanselir Jerman Angela Merkel dan Manging Director dari IMF Christine Lagarde yang sedang menuang koin-koin pada sebuah drum kayu yang berada di atas sebuah pilar.

Inspirasi karya itu adalah mitologi Yunani tentang Danaides. Danaides adalah sebutan bagi 50 anak perempuan Danaus. Kelimapuluh anak perempuan itu diperintahkan oleh ayahnya untuk membunuh masing-masing suami mereka yang merupakan anak dari Aegyptus.

Singkat cerita, para danaides itu dihukum untuk menuangkan air ke wadah berlubang sehingga wadah itu tak pernah penuh. Mitos itu sering diartikan sebagai simbol dari tindakan pengulangan yang sia-sia.

Dapat dilihat sebagai bentuk sindiran atas kebijakan menggelontorkan dana untuk Yunani guna mengatasi krisis, karya ilustrasi Lagerfeld berisi tulisan tangan “Barel Danaides: Kreasi Yunani”.

(bio/igw)

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.