Sukses

Mengenal Lisa Fonssagrives, Pelopor Supermodel

Memiliki kharisma ala bangsawan secara alami, Fonssagrives menjadi sorotan di dunia fesyen.

Liputan6.com, Jakarta Jauh sebelum Gisele Bunchen berlenggak-lenggok di runway, dunia fesyen diramaikan oleh kedatangan supermodel pertama, Lisa Fonssagrives. Fonssagrives yang lahir tahun 1911 di Swedia merupakan penari handal dan seniman patung sebelum diambil fotonya oleh Horst P. pada tahun 1936.

Elegansi natural ala ningrat, dengan kesadarannya akan pose dan kamera membuat Fonssagrives luarbiasa fotogenik dan selalu terlihat natural depan kamera. Tidak lama sebelum Horst, Man Ray, dan Richard Averon mengantre untuk memotretnya.

foto:  The Condé Nast Publications

Sebagai langganan Vogue, kolaborasi paling penting Fonssagrives dalam seni sekaligus kehidupan adalah hubungannya dengan Irving Penn, yang ditemuinya di set pada tahun 1947 dan menjadi suaminya kemudian.

foto:  The Condé Nast Publications

Seperti dilansir dari Style.com pada Kamis (27/8/2015), Penn memotret istri sekaligus muse-nya ini beberapa kali dalam pernikahannya, dan beberapa foto jepretannya menjadi ikonik. Menjepret citra sang supermodel mengenakan topi bulu ayam ataupun terbungkus mantel di istana Maroko, Penn mampu menangkap sisi terbaik Fonssagrives.

foto:  The Condé Nast Publications

Baik saat ia mengenakan gaun kelopak bunga Cristobal Balenciaga, ataupun berpegangan di Menara Eiffel, Fonssagrives menampilkan citra keglamoran tak terkalahkan yang tetap relevan walau diabadikan berdekade-dekade lalu.

(ikr)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini