Sukses

Tips Berkebun Aneh yang Ampuh untuk Taman Anda

Tips berkebun aneh ini ampuh untuk membantu pertumbuhan tanaman di kebun Anda.

Liputan6.com, Jakarta Bukankah berkebun adalah pilihan hobi yang dapat membantu relaksasi sambil menikmati keindahan alam, mencintai sesama makhluk hidup, dan memicu rasa lebih bersyukur kepada Sang Pencipta? Bukankah cukup menarik untuk mencoba melakukannya?

Tak begitu memedulikan apa anggapan Anda mengenai berkebun sebagai hobi atau profesi, tetapi ada baiknya memakai bahan-bahan tradisional dan alami ketika berkebun. Mungkin Anda akan mengalami masa `trial and error`, tetapi jika tetap berusaha berkebun akan didapat hasil yang memuaskan.

Mulai dengan mengikuti beberapa tips berkebun yang sering Anda dengarkan hingga yang terdengar cukup aneh, tetapi memiliki alasan yang masuk akal. Bayangkan jika memang tips berkebun aneh tersebut justru ampuh untuk mempercantik tanaman Anda, bukankah itu hal yang menarik?

Lantas, apa sajakah tips berkebun aneh yang ampuh untuk tanaman Anda? Ini dia ulasannya seperti dilansir dari situs Boldsky pada Kamis (13/8/2015).

Cangkang Telur
Kalsium yang tinggi dalam cangkang telur dapat mempercepat pertumbuhan tanaman. Cangkang telur yang sudah dikeringkan dapat berkhasiat sebagai pupuk alami. Cukup hancurkan dan taburkan ke dalam tanah, terlebih saat tanamanya masih berupa benih.

Popok
Apakah Anda pernah berpikir untuk menggunakan popok sebagai wadah air tanaman? Robek popok, kemudian ambil gel dan rendam dalam air. Mencampur gel dengan tanah dapat membantu pertumbuhan dan juga mencegah tanaman dimakan oleh hama.

Garpu Plastik
Hewan peliharaan adalah penghalang Anda untuk menumbuhkan tanaman karena sering kali dirusak oleh mereka? Cukup tancapkan garpu pada tanah dan mereka pun akan menjauhi tanaman Anda.

Bubuk Susu
Mungkin sangat aneh memikirkan kolerasinya, tetapi banyak yang mengatakan tips ini ampuh untuk tanaman tomat. Menambahkan susu bubuk ke tanah akan menghasilkan tomat yang lebih manis dan berair.

Bunga Matahari
Jika Anda ingin mentimun yang lebih manis dibanding biasanya, tanamlah di dekat bunga matahari. Keduanya membutuhkan jenis tanah yang cukup sama sehingga bunga matahari dapat membantu mentimun agar lebih manis.

Air Sari Sayuran
Jangan menyia-nyiakan air yang digunakan untuk mendidihkan sayuran. Nutrisi di dalamnya begitu banyak sehingga baik untuk pertumbuhan. Cukup dingin air tersebut sebelum menyiramkannya pada tanaman.

(auf)

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.