Sukses

Menu Lengkap dan Lezat Khas India untuk Berbuka Puasa

Bagi Anda pecinta makanan India yang kaya akan rempah, berikut resep lengkap menu berbuka puasa dengan makanan khas India.

Liputan6.com, Jakarta Berbuka puasa adalah momen berkumpul bersama keluarga dan teman-teman. Pada momen ini Anda tentu menginginkan hal yang spesial, salah satunya adalah makanan yang spesial. Anda dapat menyajikan hidangan berbuka puasa sendiri di rumah, mulai dari sajian pembuka, takjil, makanan utama hingga dessert. Namun jika Anda menginginkan menu berbeda untuk buka puasa Anda, berikut resep makanan pilihan yang tepat untuk dijadikan menu berbuka puasa di rumah, dilansir dari vegrecipesofindia, Selasa (7/7/2015).

Minuman - Jus Semangka

Bahan:

1 semangka
2-3 sdm gula (opsional)
Garam secukupnya
chaat masala
Batu es

Cara Membuat:

Potong-potong semangka dan buang bijinya. Masukkan ke dalam blender, tambahkan gula. jika sudah selesai, tuangkan jus semangka ke dalam gelas. Kemudian tambahkan batu es. Anda juga dapat menaburkan chaat masala dan garam hitam secukupnya pada bagian atas jus sesuai selera. Minuman segar Anda siap disajikan.

Menu Berbuka Dengan Makanan Khas India

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Takjil - Fruit Chaat



Takjil - Fruit Chaat

Bahan:


2 pisang, kupas & cincang
1 mangga besar, kupas & potong dadu
1 apel besar, potong dadu
2-3 ubi jalar, direbus, dikupas & potong dadu
1 kentang besar, rebus, kupas dan potong dadu atau digoreng
1 sdt jus lemon
1 sdt chaat masala
1 sdt jintan panggang bubuk
1 sdt cabai bubuk
½ garam hitam atau lebih seperti yang diperlukan

Cara Membuatnya:

Oleskan jus lemon pada pisang dan apel batu, hal ini dilakukan untuk menjaga warna dan memberikan kadar keasaman pada buah. Kemudian campurkan mangga dan ubi jalar dengan pisang & apel. Dinginkan dalam lemari es jika Anda ingin buah tersebut lebih segar.

Goreng kentang, kemudian campurkan dengan potongan buah-buahan. Tambahkan semua bubuk rempah-rempah dan garam. Aduk hingga merata. Sajikan chaat buah dengan hiasan beberapa daun mint.

Menu Berbuka Dengan Makanan Khas India

3 dari 3 halaman

Makanan Utama - Punjabi Chana Masala



Makanan Utama - Punjabi Chana Masala

Bahan Utama:

1 ½ cangkir putih buncis / kabuli chana / kacang garbanzo
4 gelas air untuk memasak buncis
1 sdt garam

Untuk Pasta Tanah Masala:

5 cabe kering
5 tomat
1 ½ inci jahe (setengah untuk pasta chana masala dan setengah untuk juliened)
6-7 siung bawang putih
2 sdm biji ketumbar

Bahan-bahan Lain:

¼ sdt garam masala bubuk
2 cabai hijau, cincang vertikal menjadi 4 bagian
2 sdm minyak
1 cangkir air
beberapa daun ketumbar untuk hiasan
dan juga irisan bawang, lemon dan jahe batang korek api untuk hiasan
garam atau garam hitam

Cara Membuatnya:

Cuci chana/chickpea secara menyeluruh dalam air, kemudian rendam semalam atau selama 8-9 jam. Rebus chanas dengan beberapa garam dalam pressure cooker atau panci tertutup dengan air secukupnya. Tunggu sekitar 15-20 menit tiriskan.

Cuci tomat dan potong-potong. Kupas bawang putih dan jahe dan potong kasar. Hidupkan mixer atau blender, masukkan tomat, jahe, bawang putih, cabai merah kering dan biji ketumbar. tidak perlu menambahkan air.

Panaskan minyak dalam panci dan tambahkan pasta tanah. Goreng pasta masala selama 7-8 menit dalam minyak sampai bau mentah tomat, jahe dan bawang putih menghilang dan minyak daun sisi masala tersebut. Kemudian tambahkan cabai hijau & 1 cangkir air. Aduk dan masak selama 3-4 menit. Campurkan chana dengan sisa masala tersebut. Biarkan masala chana didihkan selama 15-20 menit dengan api kecil. Terus aduk. Tambahkan bubuk garam masala dan aduk bersama masala chana. Masak selama 1-2 menit lagi.

Terakhir tambahkan daun ketumbar cincang untuk chana masala untuk garnishing. Sajikan chana masala punjabi dengan irisan bawang, lemon wedges dan jahe batang korek api bersama dengan pooris, naan, bhature, roti atau nasi. Selamat berbuka puasa (Mit/Ibo)

Menu Berbuka Dengan Makanan Khas India

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini