Sukses

Sensasi Masakan Maroko dan Pakistan untuk Hidangan Buka Puasa

Untuk Anda yang tengah menyiapkan menu berbuka, menu ini dapat Anda jadikan pilihan, berikut cara pembuatannya.

Liputan6.com, Jakarta Pada bulan Ramadan, aktifitas yang paling menarik adalah menciptakan menu baru yang belum pernah dicoba sebelumnya. Sembari menanti berbuka puasa Anda dapat mencoba beberapa resep baru untuk hidangan berbuka.

Anda dapat memilih makanan dari Timur Tengah, ala Amerika, atau masakan Asia yang kaya dengan rempah. Namun, bagi Anda yang menyukai menu tradisional, Anda harus mencoba membuat beberapa menu menarik dari Maroko, Pakistan dan Etiopia ini.

Seperti dilansir dari Flavor574.com, Rabu (1/7/2015) berikut ini 3 resep untuk hidangan berbuka puasa dari Maroko dan Pakistan.

Jus Timun dan Jeruk (Maroko)

Bahan:
     2 mentimun ukuran sedang
     2 1/4 cangkir jeruk segar atau jus mandarin
     1 1/2 sendok teh gula
     1/2 sendok teh oregano kering

Cara Membuat:
Kupas mentimun dan dan bersihkan bagian ujungnya. Kikis bagian tengahnya dan buang bijinya. Potong mentimun menjadi potongan besar dan masukkan ke dalam food processor atau blender.

Tuangkan ke dalam jus jeruk dan taburi gula dan oregano. Blend selama setidaknya satu menit atau sampai halus seperti bubur. Sajikan dingin. Minuman segar dari Maroko ini siap menemani saat-saat buka puasa Anda bersama keluarga.

Hidangan berbuka puasa dari beberapa negara

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Aloo chicken kabab (Pakistan)

Aloo chicken kabab (Pakistan)

Bahan:
     1 ayam, cincang
     113 gram kentang, cincang
     1 bawang merah, cincang halus
     6 chiles hijau
     1/4 sekelompok ketumbar
     1/4 daun mint sekelompok
     2 butir telur, dipukul
     1 sendok makan chiles merah, hancur
     1 sendok makan biji ketumbar, ditumbuk
     1 sendok makan biji jintan
     2 sendok teh bubuk garam masala
     2 sendok teh chaat masala
     minyak goreng
     garam secukupnya

Cara Membuat:
Masukkan garam, cabai merah dan hijau, daun ketumbar, daun mint, ketumbar dan jintan, bubuk garam masala dan chaat masala dalam panci. Tumis semua bahan dan taruh ke mangkuk.

Campur ayam masala goreng dan kentang. Bentuk roti dan celupkan dalam telur dan goreng. Makanan lebih lezat saat disajikan panas.

Hidangan berbuka puasa dari beberapa negara

3 dari 3 halaman

Roti Madu (Ethiopia)

Roti Madu (Etiopia)

Bahan:
    1 sendok makan rosemary cincang
    1/4 cangkir minyak canola
    2 bungkus ragi kering
    2 1/2 cangkir air hangat
    7 cangkir tepung terigu
    1 sendok makan garam
    3/4 cangkir madu

Cara Membuat:
Tumis rosemary dalam panci kecil di atas api sedang sampai harum. Angkat dan sisihkan. Dalam mangkuk kecil, campur minyak, ragi dan air hangat. Aduk agar ragi merata dan diamkan sekitar 5 menit atau sampai berbusa.

Campurkan tepung dan garam dan aduk dalam mangkuk besar. Buat lubang pada adonan dan perlahan-lahan tuangkan ragi terlarut ke dalam lubang. Aduk ragi dan tepung dengan tangan Anda kemudian bentuk adonan seperti bola. Masukkan madu dan rosemary.

Olesi dua panci roti 9x4 inci dengan minyak. tuangkan adonan dan ratakan pada panci. Tunggu selama 5 menit. Bagi adonan menjadi 2 dan dibentuk menjadi roti. Tempatkan di panci dan bungkus dengan plastik dan biarkan mengembang selama 20 menit.
    
Panaskan oven sampai 200 derajat celcius. Tempatkan panci ke dalam oven dan panggang sampai berwarna keemasan, atau sekitar 25 sampai 30 menit. Jika Sudah keluarkan panci dan biarkan dingin.

Hidangan berbuka puasa dari beberapa negara

(mit/bio)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.