Sukses

Berdakwah Melalui Musik, Bolehkah?

Mengacu pada pendapat ulama, berdakwah itu harus mengikuti cara Rasulullah.

Liputan6.com, Jakarta - Pada bulan Ramadan, musisi Muslim biasanya ramai-ramai membuat dan menyanyikan lagu religi. Sebagian menyebut lagu religi tersebut sebagai sarana untuk berdakwah. Benarkah demikian, membuat album dakwah dan menyanyikan lagu religi sama dengan berdakwah?

Mengacu pada pendapat ulama, kelompok musisi Medina mengatakan, berdakwah itu harus mengikuti cara Rasulullah. Dan Nabi Muhammad SAW tidak pernah berdakwah dengan musik.

Tapi jika mengacu pada definisi secara bahasa, dakwah itu berarti mengajak. Dakwah ilallah berarti mengajak kepada Allah SWT. Jadi, selama kegiatan itu mengandung ajakan kepada Allah, apalagi diniatkan untuk itu, bisa dibilang dakwah.

Namun, dakwah yang sesungguhnya yang sesuai dengan ajaran Rasulullah. Begitu pun dengan amalan lainnya, harus sesuai dengan ajaran Rasulullah SAW. Berikut penjelasan Medina kepada Liputan6.com tentang dakwah melalui musik:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.