Diet di Bulan Puasa? Coba Sahur dengan Resep Pancake Ini

Oleh Jazaul Aufa pada 22 Jun 2015, 17:31 WIB
Diperbarui 22 Jun 2015, 17:31 WIB
Diet di Bulan Puasa? Coba Sahur Dengan Resep Pancake Ini
Perbesar
Inilah menu sahur yang pas jika ingin diet saat puasa bulan Ramadhan.

Liputan6.com, Jakarta Puasa sering menjadi pilihan untuk menurunkan berat badan. Namun, jangan salah hal tersebut tidak mutlak benar pada kenyataannya. Mengapa? Sebab, mayoritas orang berpikir `saya harus makan lebih banyak karena tidak akan makan sepanjang hari`, padahal hipotesis tersebut tidaklah benar.

Konsumsi makanan yang rendah lemak dan kalori juga perlu dipertimbangkan jika memang ingin melakukan diet. Mulai dari makanan untuk sahur, seperti mengubah nasi dengan pancake. Kandungannya sekitar 200 kalori dengan 8 gram protein dan 4 gram lemak.

Jadi, bagaimana cara membuat menu sahur di bulan Ramadan tersebut? Berikut resep pancake seperti yang dilansir dari laman Telegraph, Sabtu (20/6/215). (Auf/Ibo)

BAHAN-BAHAN:

25g tepung terigu

5 gram gula bubuk

60 ml susu skim cair (susu tanpa lemak)

25 gram yoghurt alami rendah lemak

15 gram campuran buah kering dan biji

Scroll down untuk melanjutkan membaca

CARA MEMBUATNYA

CARA MEMBUATNYA:

1. Campur tepung terigu dengan gula dalam mangkuku. Secara bertahap tambahkan susu cari sambil mengaduk sehingga membentuk adonan yang halus dan merata.

2. Panaskan wajan kecil yang tidak lengket dengan panas tinggi. Kemudian basahi wajan dengan sedikit minyak.

3. Ambil adonan sebesar satu centong sop dan biarkan melebar. Ketika bagian bawah sudah mulai berwarna cokelat, balik adonan. Tunggu hingga warna cokelat merata, angkat pancake.

4. Buatlah 3-4 buah pancake kecil. Kemudian, sajikan di atas piring yang dicampur dengan yogurt dan ditabur buah kering, juga biji-bijian. 

Lanjutkan Membaca ↓

Video Pilihan Hari Ini

BERANI BERUBAH: Bertani di Atas Masjid