Rupa Bubur Madura yang Menggoda Selera

Oleh Ahmad Apriyono pada 10 Jun 2015, 15:35 WIB
Diperbarui 10 Jun 2015, 15:35 WIB
Bubur Madura
Perbesar

Liputan6.com, Jakarta Siapa yang tidak suka bubur, semua orang tentu suka. Kuliner tradisional yang lahir dari kebudayaan agraris ini sangat disukai anak-anak hingga orang dewasa. Dengan menggunakan bahan dasar berupa beras dan tepung, kuliner bubur mengalami perkembangan dan inovasi, termasuk pada bahan dasar pembuatannya. Sehingga tak heran jika di tiap daerah di Indonesia selalu memiliki sajian kuliner yang satu ini, seperti Bubur Madura misalnya.

Bubur Madura merupakan bubur bercita rasa manis yang terdiri dari beberapa bubur yang disatukan, seperti bubur sumsum, bubur ketan item, bubur candil, dan bubur mutiara, yang kemudian ditambahkan santan dan gula.

Bayu, seorang guide travel keturunan asli Jawa Timur kepada Tim Liputan6.com yang ditulis pada Senin (8/6/2015) mengungkapkan, dahulu Bubur Madura dijual  di pinggir-pinggir jalan, penjualnya membawa panci berisi berbagai jenis bubur, namun sekarang penjual bubur tradisional ini makin jarang ditemukan. Meski demikian, banyak resto dan kafe di Surabaya yang menyajikan kuliner tradisional ini.

Dengan harga yang relatif terjangkau, Bubur Madura kerap dijadikan teman setia disaat santai bersama. Teksturnya yang menggoda selera, ditambah rasanya yang lengkap, tentu menjadi alasan mengapa Bubur Madura merupakan kuliner tradisional yang patut dicoba saat Anda melancong ke Madura, atau beberapa daerah lain di Jawa Timur. (Ibo/Igw)

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya