Sukses

10 Fakta Unik tentang Batu Akik

Liputan6.com, Jakarta Melihat batu akik yang berwarna-warni indah dan bermotif unik, tidak heran batu permata ini jadi incaran banyak orang. Tapi, jika Anda mengira batu akik jadi tren hanya baru-baru ini, Anda salah.

Di bawah ini, ada 10 fakta unik tentang batu akik yang mungkin belum pernah Anda dengar. Dilansir dari gemstonebuzz.com, Jumat (15/5/2015), Anda bisa membaca tentang kepercayaan dan fakta yang terkait dengan batu akik dari berbagai tempat dan waktu.

1. Batu akik disebut agate dalam bahasa Inggris. Nama ini merupakan modifikasi dari Achates, nama sungai di Sicily. Konon, disana merupakan tempat pertama batu akik ditemukan. Sungai itu kini sudah diubah namanya menjadi Sungai Drillo.

2. Ada bukti bahwa batu akik sudah digunakan sejak tahun 20000 Sebelum Masehi. Bukti sejarah menunjukkan kaum pria dari Eropa Utara era Stone Age sudah menggunakan batu ini sebagai perhiasan. Pada tahun 400 Sebelum Masehi, batu akik digunakan orang Yunani untuk membuat perhiasan dan manik-manik.

3. Batu akik merupakan salah satu batu berharga pertama yang dikenal manusia. Di jaman dulu, ada kepercayaan bahwa mengenakan batu akik membuat pemakainya menjadi orang yang ramah, jujur, dan berwawasan luas.

4. Di budaya Persia,  batu akik dianggap bisa melindungi. Contohnya menghindari badai dan menghilangkan rasa haus orang yang memakainya.

5.  Batu akik juga diasosiasikan dengan kemampuan menyembuhkan. Insomnia, alergi dan penyakit kulit hanya sedikit dari penyakit yang bisa disembuhkan dengan batu akik.

6. Mangkuk dari batu akik sangat terkenal di masa lalu. Mitharades, Raja Pontus, sudah menyimpan lebih dari tiga ribu mangkuk dari batu permata ini. Jaman sekarang, di museum-museum Anda bisa melihat mangkuk batu akik yang dikoleksi keluarga kerajaan.

7. Bangsa Sumeria tercatat menggunakan batu akik untuk segel, manik-manik, serta berbagai jenis perhiaan lainnya.

8. Di Arab dan Persia kuno, orang-orang memakai batu akik di jari manis mereka. Batu akik itu bertuliskan ayat-ayat dari Al-Quran atau gambar simbolis. Aksesoris semacam itu dipercaya bisa menghindarkan mereka dari musibah.

9. Batu akik dianggap punya makna terkait ulang tahun pernikahan ke 12 dan 14. Batu ini sering dihadiahkan untuk pasangan yang merayakan 12 atau 14 tahun pernikahan mereka.

10. Batu permata ini juga dianggap batu keberuntungan bagi wanita hamil. Menurut kepercayaan, batu akik bisa melindungi si Ibu dan bayinya.

Ternyata, bukan hanya hari ini dan di negara ini, ya, batu akik dianggap sakti. Kalau Anda, percaya tidak pada keajaiban dari batu akik?

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini