Sukses

Coto Makassar, Kuliner Warisan Kerajaan Gowa

Berikut ini kisah sejarah dibalik lezatnya makanan khas Sulawesi Selatan, Coto Makassar.

Liputan6.com, Jakarta Makassar terkenal dengan kelezatan kulinernya yang. Satu contoh yang bisa disebut adalah Coto Makassar. Coto Makassar merupakan menu berbahan dasar daging sapi dengan kuah yang gurih dan kaya rempah.

Kuliner kebanggaan masyarakat Makassar ini memiliki sejarah yang dimulai pada masa kerajaan Gowa dahulu. Dilansir dari tourism-makassar.com pada Selasa (12/5/2015), Coto Makassar pertama kali dihidangkan pada jamuan kerajaan Goa tahun 1538.

Pada masa itu, tidak sembarang orang dapat membuat Coto Makassar. Pasalnya pembuatan masakan itu membutuhkan rempah berkualitas dimana hal tersebut hanya bisa didapatkan oleh kaum kerajaan. Rempah yang digunakan di makanan ini bervariasi mulai dari kemiri, cengkeh, kayu manis, dan lain sebagainya. Masakan ini juga ternyata mengandung elemen khas Tiongkok, yakni tao-co.

Coto Makassar aslinya dibuat dalam kuali dari tanah. Masyarakat Makassar biasa menyebut alat masak itu dengan istilah `Korong Butta` atau `Uring Butta`. Coto Makassar biasa disajikan dengan nasi. Namun Anda bisa bereksperimen dengan menyantap menu ini dengan padanan ketupat atau lontong. Selamat mencoba.



 (mit)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.