Sukses

Bukan Cuma Buat Mandi, Ini 4 Fungsi Lain dari Sabun

Tahukah Anda bahwa sabun batang memiliki manfaat selain untuk membersihkan tubuh?

Liputan6.com, Jakarta Pernahkah Anda mandi tanpa menggunakan sabun? Nampaknya, di masa kini sudah tidak banyak orang yang melakukan hal tersebut. Sabun pun menjadi salah satu produk penting dan diperlukan dalam keseharian. Salah satunya, jenis sabun batang.

Sabun batang terbuat dari lemak netral yang padat dan dikeraskan melalui proses hidrogenasi dengan menggunakan jenis alkali natrium hidroksida sehingga sukar larut dalam air. Sabun batang pun dipercaya lebih irit dan memiliki wangi yang tahan lama.

Di balik manfaatnya untuk membersihkan tubuh, tahukah Anda bahwa sabun batang memiliki manfaat yang lain? Mengutip dari laman Reader's Digest, Kamis (26/3/2015), berikut manfaat lain dari sabun batang:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Mencegah Peralatan Masak Menghitam

1. Mencegah Peralatan Masak Menghitam

Jika hendak berkemah, lebih baik Anda menggosokkan sabun pada peralatan masak, terutama yang terbuat dari besi, sebelum memasak dengan menggunakan tungku api. Anda pun akan terkejut bahwa `tanda-tanda` peralatan akan menghitam tidak muncul.

3 dari 5 halaman

Menghilangkan Bau Mobil

2. Menghilangkan Bau Mobil

Tempatkan potongan kecil sabun dengan aroma wangi favorit Anda di dalam kantong dan gantungkan di kaca spion mobil.

4 dari 5 halaman

Menjaga Pakaian Tetap Segar

3. Menjaga Pakaian Tetap Segar

Simpan sebatang sabun dengan wangi favorit Anda di koper atau lemari pakaian Anda. Niscaya, pakaian akan tetap memiliki wangi layaknya sabun favorit Anda tersebut kira-kira hingga tiga bulan ke depan.

5 dari 5 halaman

Mengendurkan Ritsleting yang Macet

4. Mengendurkan Ritsleting yang Macet

Jika ritsleting Anda macet, gosok bagian-bagian sepanjang ritsleting tersebut dengan menggunakan sabun. Sabun bertindak sebagai bahan pelumas. (Auf/Liz)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini