Sukses

Garuda Indonesia Tutup Penerbangan Brisbane - Bali

Salah satu langkah baru yang akan dijalankan Garuda Indonesia adalah penghapusan rute penerbangan dari Brisbane ke Denpasar, Bali.

Liputan6.com, Jakarta- Industri transportasi udara Indonesia tengah menjadi sorotan sepanjang bulan-bulan terakhir ini. Selain kecelakaan yang menimpa maskapai AirAsia QZ8501 akhir Desember lalu, sebelumnya industri bisnis aviasi sudah diramaikan dengan kemunduran CEO Garuda Indonesia, Emirsyah Satar yang kemudian digantikan oleh Arif Wibowo, yang sebelumnya dikenal sebagai CEO Citilink.

Sejumlah langkah pertama yang dilakukan Arif Wibowo di masa awal kepemimpinannya di Garuda Indonesia antara lain adalah memangkas dan mengubah rute penerbangan si elang biru. Salah satunya yang akan dijalankan mulai Februari ini adalah penghapusan rute penerbangan dari Brisbane ke Denpasar, Bali.

"Dengan sangat menyesal kami mengumumkan penutupan layanan Garuda Indonesia dari Brisbane ke Denpasar efektif mulai 1 Februari 2015 hingga waktu yang ditentukan terkait dengan restrukturasi perusahaan yang mempengaruhi jaringan kami," demikian pengumuman pihak Garuda Indonesia, melalui akun Facebooknya, Senin (12/1/2015).

Sementara itu, dilansir melalui Australia Aviation, di hari yang sama, faktor-faktor yang memengaruhi Garuda mengakhiri penerbangan dari Australia ini antara lain melemahnya mata uang Rupiah, meningkatnya harga bahan bakar, dan 'kebijakan terkait' untuk restrukturasi jaringan 'Program Pemenangan' ini. Namun ketika dikonfirmasikan oleh Liputan6.com kepada Pujobroto, Corporate Communications Garuda Indonesia mengenai hal ini, masih belum ditanggapi.

Padahal, rute penerbangan Brisbane - Denpasar ini baru berumur kurang dari 18 bulan, sejak dimulai pada bulan Agustus 2013 lalu.

Untuk menghindari kecemasan para penumpang yang sudah memesan tiket penerbangan Brisbane - Denpasar setelah tanggal 1 Februari, Garuda Indonesia akan memberikan pengembalian penuh (full refund) atau pengalihan menuju Bali dari Sydney atau Melbourne dengan gratis.

Selain Garuda Indonesia, dua maskapai lainnya yang juga melayani rute idengan jadwal praktek yang sama ini antara lain Virgin Australia dan Jetstar. (Liz)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.