Menilik Bola Kristal yang Menjadi Tradisi Tahun Baru New York

Oleh Bio In God Bless pada 31 Des 2014, 19:05 WIB
Diperbarui 31 Des 2014, 19:05 WIB
Waterford Crystal New Year Eve Ball New York 2015 2
Perbesar

Liputan6.com, New York Jika Anda pernah menyaksikan atau bahkan merasakan langsung perayaan pergantian tahun di New York City, Amerika, salah satu hal yang mungkin Anda ingat dari acara itu adalah New Year’s Eve Ball. Bola itu punya tema berbeda tiap tahunnya.

Waterford Crystal yang merupakan pembuat New Year’s Eve Ball mengatakan bahwa tema bola tahun 2015 ini adalah `Gift of Fortitude`. Tema ini adalah tema ke-2 dari seri `Greatest Gift`. Pada tahun sebelumnya, tema dari New Year’s Eve Ball tersebut adalah `Gift Of Imagination`.

Ditutupi dengan 2.688 segitiga Waterford Crystal, bola tersebut berdiameter 3,6 meter dengan berat 5,3 ton. Tom Brennan, seniman yang sudah bekerja di Waterford Crystal sejak 1986, mengatakan bahwa pekerjaan membuat bola itu melelahkan tapi juga menyenangkan.

“Bagi kami, ini adalah momen di mana kami ingin berbagi dengan dunia. Untuk merefleksikan tahun yang telah dilalui. Ini adalah tentang menikmati waktu bersama keluarga dan teman-teman. Ini bukan soal biaya,” ucap Brennan. Bagi Brennan dan rekan-rekannya bahwa bola tersebut merupakan simbol tahun baru bagi jutaan orang adalah bayaran yang cukup untuk membuatnya.

Tahun ini, beberapa panel kristal dari bola itu juga merepresentasikan kerja kemanusiaan dari International Rescue Committee untuk para pengungsi di seluruh dunia. New Year’s Eve Ball sudah menjadi bagian perayaan tahun baru di Times Square, New York City, sejak tahun 1907.

Sejak tahun tersebut, bola ini mengalami pergantian desain sebanyak 7 kali. Bola kristal pertama untuk perayaan tahun baru di sana dibuat pada tahun 1999. Waterford Crystal sendiri mendesain bola untuk perayaan tahun baru di New York sejak 15 tahun lalu. “Saat 1 Januari dimulai, para pekerja Waterford Crystal akan langsung bekerja untuk bola tahun 2016,” jelas Brennan seperti dilansir dari Forbes.com pada Rabu (31/12/2014).

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya