Santa and Elf Pancakes, Resep Makanan Anak Saat Natal

Oleh Rio Apinino pada 19 Des 2014, 18:35 WIB
Diperbarui 19 Des 2014, 18:35 WIB
Santa and Elf Pancakes
Perbesar
Pancake yang berbentuk sangat lucu ini cocok untuk anak Anda pada momen Natal nanti (Foto: http://kidsfunreviewed.com/)

Liputan6.com, Jakarta Natal bagi anak-anak tidak lain adalah semua hal tentang kesenangan. Entah kesenangan karena jalan-jalan, memiliki mainan baru, atau makan makanan yang disukainya.

Untuk itu, wajib bagi Anda, para orang tua, untuk mengetahui resep makanan untuk anak. Salah satu resep makanan yang cocok untuk anak adalah "Santa and Elf Pancakes".

Pada dasarnya, resep makanan ini adalah pancake yang dihias sedemikian rupa sehingga Anak akan lebih suka untuk memakannya.

Penasaran dengan resep makanan ini? Berikut cara membuatnya seperti yang dilansir dari Kid's Fun Review, Jumat (19/12/2014).

Scroll down untuk melanjutkan membaca

Bahan-bahan

Bahan-bahan

- 100 gram tepung terigu

- 30 gram gula pasir

- 1 sdm tepung maizena

- 1/4 sdt garam

- 1 sdt baking powder

- 1 butir telur, pisahkan kuning dan putihnya

- 100 ml susu cair

- 1 sdm minyak zaitun

- Margarin

- Butter cream

- Beberapa potong stroberi

- 1 buah pisang

- 2 kiwi (opsional)

- Anggur hijau

Scroll down untuk melanjutkan membaca

Cara Membuat

Cara Membuat

Pertama, yang harus dibuat adalah pancakenya itu sendiri. Caranya, campurkan tepung terigu, gula pasir, maizena, garam dan baking powder, aduk hingga merata.

Kemudian, campurkan juga telur dan susu dan aduk kembali hingga rata. Setelah itu, masukkan campuran tepung secara bertahap ke adonan telur dan susu dan aduk lagi hingga rata.

Kemudian, masukkan juga minyak zaitun. Aduk rata tetapi jangan terlalu lama. Tutup adonan tersebut dengan plastik dan diamkan selama 10 menit.

Panaskan wajan datar anti lengket di atas api sedang. Selain itu, agar adonan tidak lengket di wajan, sebaiknya wajan datar dapat dilapisi dulu dengan margarin.

Setelah cukup panas, tuangkan 1 atau 2 sendok adonan yang telah diaduk kembali tepat di tengah wajan. Masak dengan api kecil sampai muncul gelembung udara dan warna pancake menjadi kecoklatan. Balikkan adonan hingga kedua sisi matang. Lakukan hal yang sama hingga adonan habis.

Scroll down untuk melanjutkan membaca

Menghias Santa dan Peri

Menghias Santa dan Peri

Untuk menghiasnya menjadi Santa Pancake, letakkan 2 pancake di piring dengan sedikit bagian tumpang tindih. Hias pancake yang berada di bawah dengan butter cream menyerupai janggut dan sebagian di pancake atas menyerupai kumis. Setelah itu, tabur bubuk gula.

Kemudian, iris stroberi agak tipis dan tata stroberi tersebut pada pancake yang ada di atas menyerupai topi santa. Pada stroberi paling ujung, tambahkan kembali butter cream agar lebih mirip. Untuk mata, mulut dan bagian wajah lain, gunakan kombinasi pisang dan stroberi.

Setelah pancake santa selesai, maka selanjutnya adalah membuat karakter peri. Untuk karakter ini, hanya dibutuhkan satu buat pancake.

Dengan buah-buahan yang ada. Anda dapat membuatnya sesuai keinginan dan imajinasi. Misalnya, pisang untuk bagian telinga, stroberi untuk bagian mata. Pokoknya, dalam proses ini, cobalah sekreatif mungkin, ya! Selain itu, dalam proses ini juga anak Anda bisa diikutsertakan. 

Lanjutkan Membaca ↓

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya