Sukses

6 Tips Liburan: Berlayar Bersama Anak

Jika berlayar bersama anak, pastikan Anda melakukan beberapa hal berikut. Tanpa tips liburan ini, bisa jadi perjalanan Anda akan berantakan.

Liputan6.com, Jakarta- Banyak cara berlibur yang bisa Anda lakukan bersama keluarga. Dari mulai piknik di taman kota, mengunjungi museum atau perpustakaan, hingga berlayar mengarungi lautan.

Saat berlayar, setidaknya Anda mendapatkan satu paket liburan sekaligus: dari mulai penginapan, makanan, hiburan hingga transportasi. Semua menjadi satu. Karena itulah banyak yang memilih untuk menghabiskan liburan dengan cara berlayar bersama keluarga tercinta.

Jika Anda memutuskan berlayar bersama keluarga dan di dalamnya ada anak kecil, ketahuilah bahwa ada beberapa hal yang harus dipersiapkan secara khusus. Berikut beberapa tips liburan tersebut seperti dikutip dari Fox News, Sabtu (6/12/2014).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Tips

1. Baca kebijakan kapal tentang ruang bermain anak

Ada kapal yang tidak menyediakan ruang bermain untuk anak. Tetapi ada juga yang menyediakannya. Untuk itu, sebelum Anda memutuskan untuk berlayar, pastikan bahwa Anda mengetahui tentang kebijakan ruang bermain untuk anak.

2. Pertimbangkan adanya tempat penitipan anak dalam kapal

Ketahuilah seluk beluk kapal yang akan Anda naiki, sebab hal ini cukup berpengaruh pada liburan Anda. Misalnya, jika Anda dan pasangan ingin makan malam romantis tanpa tangisan anak, tentu perlu ada fasilitas penitipan anak, bukan? Untuk itu, pertimbangkan adanya tempat penitipan anak dalam kapal apabila hendak berlayar bersama keluarga dan anak. 

Jika penitipan anak tidak ada, pastikan anak Anda diawasi oleh anggota keluarga lain yang ikut dalam liburan ini. Jika tidak ada, sebaiknya tunda rencana makan malam romantis Anda di dalam kapal.

3. Bawa bak mandi sendiri untuk anak

Jarang ada kapal yang menyediakan fasilitas hingga sedetail ini. Untuk mengantisipasinya, bawa juga bak mandi kecil untuk anak Anda agar mereka juga merasa dimanjakan dalam perjalanan tersebut.

4. Siapkan mainan anak

Biasanya anak sering membawa mainan kesayangannya pada saat liburan. Jangan sampai pelayaran Anda menjadi kacau karena anak Anda merindukan mainan kesayangannya di rumah. Meski demikian, tegaskan pada anak bahwa karena keterbatasan tempat dan jadwal berlayar yang tidak lama, bahwa mereka hanya boleh membawa satu atau dua mainan saja.  

5. Periksa rencana harian untuk kegiatan keluarga

Pastikan bahwa Anda mengetahui apa saja kegiatan yang dibuat oleh penyelenggara pelayaran. Hal ini berguna untuk menyesuaikannya dengan kehadiran anak. Sebab, tidak selamanya kegiatan yang telah direncanakan dapat dihadiri oleh anak-anak.

6. Persiapkan makanan ringan

Kita tidak pernah tahu kapan anak kecil merengek meminta makan. Untuk itu, selama sarapan atau makan siang, usahakan kumpulkan beberapa makanan ringan agar ketika anak lapar, maka persediaan makanan telah tersedia dan kita tidak perlu repot mencarinya lagi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.