Sukses

Bogor Centre School Pecahkan Rekor MURI dengan Menu Singkong

Dengan membuat 231 jenis makanan berbahan dasar singkong, Bogor Centre School berhasil pecahkan rekor MURI.

Liputan6.com, Bogor Yayasan Taruna Terpadu Bogor Centre School (Borces) berhasil mengukir rekor dunia versi Museum Rekor Indonesia (MURI) dengan membuat makanan berbahan dasar singkong.  Manager MURI, Yusuf Ngadri, mengatakan bahwa pemecahan rekor yang tercatat di urutan 6762 ini tercetak dari segi kuantitatif atas pembuatan makanan berbahan dasar singkong terbanyak.

Sebanyak 231 jenis makanan berbahan dasar singkong buatan siswa-siswi Sekolah Menengah Kejuruan Bisnis Manajemen ini ditampilkan di Kampus Taruna Terpadu Borces, Jalan Raya Semplak, Salabenda, Bogor, Sabtu (29/11/2014). “Ini baru kali pertama dan ini juga merupakan kreativitas makanan singkong yang bisa diperkaya menjadi berbagai jenis makanan,” kata Yusuf.

Sementara itu, Ketua Yayasan Taruna Terpadu Borces, Muztahidin Al Ayubi, mengatakan “Singkong itu memang kesannya kampung namun bisa dikreasikan menjadi makanan modern. Singkong juga bisa menjadi makanan dunia”. Dijelaskan olehnya bahwa tidak ada persiapan lebih dalam pembuatan makanan ini karena siswa-siswi sudah terbiasa dalam melaksanakan praktek di sekolah. 

Lebih lanjut dikatakan Muztahidin bahwa dalam proses pembuatan makanan tersebut sedikitnya dibutuhkan singkong sebanyak 60 kilogram. Sementara untuk proses memasaknya, setiap siswa memiliki tugas untuk buat satu makanan dari bahan singkong tersebut. "Mereka ini mendapatkan menu makanan dari ide sendiri, jadi tidak mencontek makanan yang sudah ada tercatat dalam buku menu makanan sebanyak 139 jenis makanan. Tapi ini diperkaya menjadi 231 jenis makanan," pungkasnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini