Sukses

Situs Warisan Dunia Terancam Akibat Proyek Gondola

Vietnam berencana membangun gondola di dalam gua yang merupakan salah satu situs warisan dunia.

Liputan6.com, Vietnam Setelah mencetak rekor sebagai negara pemilik gondola terpanjang dan tertinggi di dunia tahun 2013 lalu, Vietnam kembali ingin mencetak rekor baru. Kali ini, mereka ingin membangun gondola di dalam salah satu gua terbesar di dunia.

Dikutip dari Thrillist, Jumat (27/11/2014), proyek ambisius ini rencananya akan dijalankan oleh pengembang lokal, Sun Group. Mereka berencana untuk membangun tujuh stasiun dengan 6,6 mil panjang lintasan yang terbentang antara gua Tien Son, Phong Nha, dan Son Doong.

Meskipun kedengarannya luar biasa, rencana proyek ini menuai banyak kritik. Pasalnya, gua yang akan dilewati adalah situs warisan dunia yang ditetapkan oleh UNESCO.

"Secara personal saya pikir proyek ini adalah ide buruk," kata Howard Limbert, kepala British Cave Exploration. "Proyek akan merampok pesona murni dari gua dan petualangan yang ditawarkannya," tambahnya. Saat ini, gua dibatasi hanya boleh dikunjungi sebanyak 250 orang setahun.

Dilain pihak, CEO Sun Group Dang Minh Truong mengatakan bahwa gua warisan duna tersebut tidak akan dirugikan oleh proyek. Dia juga mengatakan bahwa 80 situs warisan dunia telah dilengkapi dengan mobil kabel. "Ayolah, semua orang melakukannya," katanya.

Meskipun proposal survey awal kondisi gua telah disetujui, sampai saat ini belum diketahui kapan proyek di gua indah ini akan benar-benar berjalan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.