Sukses

Indahnya Pantai Selatan dari Ketinggian Mercusuar Samas

Pantai memang menjadi tujuan wisata termasuk pantai Samas di Bantul. Namun ada satu lokasi yang harus dikunjungi jika berada di pantai Samas

Liputan6.com, Yogyakarta- Pantai memang menjadi tujuan wisata termasuk pantai Samas di Bantul. Namun ada satu lokasi yang harus dikunjungi jika berada di pantai Samas. Tempat itu berada di sebelah barat dari pantai Samas yaitu mercusuar Samas. Lokasi ini ada satu bangunan setinggi 40 meter yang bisa menjanjikan pemadangan yang bagus dengan 380°. Deny petugas Mercusuar Samas menyebut jika mercusuar ini satu-satunya mercusuar yang ada di Daerah Istimewa Yogyakarta dibawah Kementrian Perhubungan.

"Kalo disini langsung pusat dibawah kementrian perhubungan. Jadi di Jogja ya cuma disini kalo mungkin ada mercusuar lain itu milik pemda DIY ya. Setahu saja ya cuma ada di sini," ujar Deny kepada Liputan6.com.

Deny menyebut bangunan yang dibuat tahun 1997 ini pengunjung harus hati-hati menaiki anak tangga. Ada 8 lantai menaiki anak tangga pengunjung harus hati-hati dan harus kuat untuk sampai ke atas. Tidak mudah memang dapat naik ke puncak mercusuar. Banyak pengunjung sesekali istirahat untuk sampai ke puncak menara. "Diatas Bisa lihat pemandangan 380 derajat," ujarnya.

Deny yang sering ditugaskan keluar Jawa untuk menjaga mercusuar mengaku pernah menjaga mercusuar ini 8 tahun lalu. Saat itu pemandangan dan infrastruktur belum sebagus sekarang. Seperti pohon cemara yang dahulu masih kecil saat ditinggalkan saat ini audah terlihat tinggi. Sehingga pemandangan dari atas terlihat deretan pohon cemara memukau mata. "8 tahun lalu pohon cemara masih kecil sekarang Sudah tinggi. Lebih adem jadinya. Dulu batu-baty belum ada jalan sekarang lebih lancar," ujwrnya.

Selain membersihkan lokasi mercusuar Deny ditugaskan untuk memantau berfungsinya lampu mercusuar. Pasalnya jika lampu yang otomatis berputar rusak saat memberikan penanda kapal di perairan selatan DIY akan berbahaya bagi kapal itu. Ia yang diberikan tugas


"Kita tugasnya ya Bersih-bersih dan mantau kehandalan lampu mercusuar. Lampunya muter sendiri namanya Solar panel ML 300. Jika lampu mati ya akibatnya kapal kehilangan arah atau kandas.
Kalo di darat lampu merah," ujar Deny.


Sementara itu Ardi salah satu pengunjung dari Tlatar Boyolali sengaja datang melihat mercusuar Samas. Ia hanya penasaran dengan mercusuar di Samas. Sehingga ia rela menempuh puluhan kilo dari rumahnya untuk dapat menikmati pemandangan pantai. "Penasaran aja mas. Baca di internet kok bagus jadi ya kesini aja. Dan bagus ternyata," ujarnya. (Fathi Mahmud/Ars)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini