Sukses

Daftar Kawah Gunung di Indonesia yang Eksotik

Indonesia di kelilingi kawah gunung yang eksotik dan menawan.

Liputan6.com, Jakarta Kawah gunung atau danau kawah adalah massa air (danau) yang menutupi permukaan suatu kawah gunung api. Menurut data yang tercatat di Wikipedia.org, sekitar 12 persen dari 700-an gunung api yang ada di bumi kawahnya tertutupi oleh massa air.

Indonesia sendiri termasuk ke dalam salah satu negara yang berada di jalur ring of fire atau jalur gunung berapi dengan jumlah paling banyak di dunia. Hal ini pun membuat kawah gunung di Indonesia pun juga pasti banyak jumlahnya.

Meskipun mengeluarkan bau belerang yang membahayakan kesehatan, kawah gunung yang ada di Indonesia tetap memancarkan pesonanya dan berhasil memikat para pemburu keindahan alam Indonesia.

Seperti yang dilansir dari Indonesia.Travel, berikut daftar kawah gunung di Indonesia yang eksotik dan sangat sayang sekali jika tidak diabadikan dengan kamera Anda:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

Kawah Ijen, Jawa Timur

Kawah Ijen, Jawa Timur

Inilah salah satu pesona keindahan alam Indonesia yang luar biasa dan telah memukau banyak wisatawan dari berbagai negara. Di sinilah dapat Anda lihat danau kawah luas yang menakjubkan bersama api berwarna biru dari belerangnya saat malam hari. Selain menjadi tujuan wisata naik gunung, Kawah ijen juga merupakan tempat penambangan belerang tradisional yang hilir-mudik di arena bekas letusan kawah yang sebenarnya masih aktif.

Gunung Ijen sendiri berada di kawasan Wisata Kawah Ijen dan Cagar Alam Taman Wisata Ijen di Kecamatan Licin Kabupaten Banyuwangi dan Kecamatan Klobang Kabupaten Bondowoso. Gunung ini berada 2.368 meter di atas permukaan laut dimana puncaknya merupakan rentetan gunung api di Jawa Timur seperti Bromo, Semeru dan Merapi. Kawah Ijen merupakan tempat penambangan belerang terbesar di Jawa Timur yang masih menggunakan cara tradisional. Ijen memiliki sumber sublimat belerang yang seakan tidak pernah habis  dimanfaatkan untuk berbagai keperluan industri kimia dan penjernih gula.

3 dari 6 halaman

Kawah Putih, Jawa Barat

Kawah Putih, Jawa Barat

Sisi selatan Bandung menyingkap lansekap dramatis berupa pegunungan dan perkebunan teh di sekelilingnya. Hutan tropis dan bukit-bukit berkabut mempercantik parasnya. Di tengah-tengah suasana itu, terpancar pesona danau kawah indah, yaitu Kawah Putih.

Kawah Putih terletak di puncak Gunung Patuha, sekira 50 kilometer dari Bandung, Provinsi Jawa Barat. Gunung Patuha pernah meletus pada abad ke-10, kemudian bagian kawahnya perlahan beruban menjadi sebuah kawah belerang berwarna putih.

Melangkah ke Kawah Putih seperti memasuki dunia yang berbeda. Dominasi warna putih pucat itu melahirkan suasana yang mampu menghipnotis pengunjung. Saat hari cerah, warna danau begitu mencolok namun ketika hari berawan, seluruh kawah diselimuti kabut. Suhu dingin dan deretan pohon di ketinggian 2.500 m dpl itu pun menambah atmosfer magis.

4 dari 6 halaman

Kawah Kelimutu, Nusa Tenggara Timur

Kawah Kelimutu, Nusa Tenggara Timur

Kelimutu adalah gunung berapi yang berlokasi di dekat kota kecil Moni, Pulau Flores Nusa Tenggara Timur. Gunung berapi ini mempunyai tiga danau kawah puncak dengan berbagai warna. Ada yang berwarna hijau muda, biru, dan hitam.

Tiwu Ata Mbupu (Danau Orang Tua) biasanya biru dan merupakan paling barat dari tiga danau. Dua danau lainnya adalah Tiwu Nuwa Muri Koo Fai (Danau anak- anak atau gadis) dan Tiwu Ata Polo (danau para pendosa). Danau kawah ini dipisahkan oleh dinding kawah dan biasanya berwarna hijau atau merah.

Uniknya tidak seperti danau kawah lain yang variasi warna dapat diprediksi, tapi hal ini tidak berlaku untuk kawah Kelimutu. Selain warna biru, hijau dan hitam, danau kawah juga bisa berubah menjadi putih, merah dan biru.

Karena keunikan itulah Kawah Kelimutu menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan. Banyak wisatawan yang rela mendaki gunung hingga puncak, hanya untuk menyaksikan keindahan kawah tiga warna ini, terutama saat matahari terbit atau sunrise.

5 dari 6 halaman

Kawah Sikidang Dieng

Kawah Sikidang, Dieng

Salah satu obyek wisata populer di Dieng Jawa tengah. Kawah ini terkenal karena terdapat lubang keluarnya gas yang selalu berpindah-pindah di kawasan tersebut. Makanya masyarakat menamai tempat tersebut dengan nama sikidang karena lubang keluarnya gas yang selalu berpindah-pindaj seperti kidang atau dalam bahasa indonesia adalah kijang.

Kontras warna kawah yang putih dengan warna hijau bebukitan menambah kecantikan Kawah Sikidang ini. Disana ada juga mata air yang membentuk anak sungai. Ketakjuban akan semakin terasa saat mendekati bibir lubang kawah. Semburan air mendidih berwarna abu-abu pekat disertai asap putih mengepul. Kadang dari sekitar lokasi juga tercium aroma belerang yang menyengat tapi hal tersebut bukan menjadi penghalang untuk menikmati keindahan pesona kawah sikidang.

6 dari 6 halaman

Kawah Domas Tangkuban Perahu, Jawa Barat

Kawah Domas Tangkuban Perahu, Jawa Barat

Satu lagi kawah eksotis yang ada di Indonesia, Kawah Domas. Kawah ini terletak di Tangkuban Perahu, Jawa Barat. Kawah Domas berada di lereng utara Gunung Tangkuban Perahu. Untuk mencapai Kawah Domas, pengunjung bisa menyusuri jalan setapak yang dikelilingi pepohonan rindang. Pemandangan Kawah Domas didominasi oleh batuan gunung berwarna putih. Pada bagian tertentu tampak berwarna kuning, terutama pada rongga-rongga yang mengeluarkan asap belerang.

Pengunjung tidak hanya bisa menikmati keindahannya, tetapi juga turun langsung ke kawah. Pengunjung bahkan bisa merendam kaki di kubangan kawah.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini