Anak Muda Indonesia Pilih Wisata Luar Negeri Jika Punya Duit

Oleh Aria Sankhyaadi pada 04 Nov 2014, 07:35 WIB
Diperbarui 04 Nov 2014, 07:35 WIB
Anak Muda Indonesia Pilih Keluar Negeri Jika Punya Duit
Perbesar
Sebagian anak muda Indonesia memilih destinasi luar negeri jika punya duit.

Liputan6.com, Jakarta Traveling atau berkunjung ke suatu tempat bahkan negara tertentu untuk tujuan berwisata sangatlah menyenangkan dan diidam-idamkan oleh banyak orang.

Maka tak heran, jika saat ini Anda sering membaca kalimat yang mengungkapkan, "ber-travelinglah selagi Anda muda".

Sebuah survei yang diadakan oleh travel asal Inggris, Contiki Holidays yang mengikutsertakan sekitar 2 ribu responden pun menyatakan sekitar tiga perempat responden berumur 35 tahun ke atas menyesal tidak sering liburan sewaktu muda. Sementara, 65 persen dari responden di atas 35 tahun menyarankan kepada orang yang lebih muda untuk melakukan perjalanan.

Untuk membuktikan hal tersebut, Liputan6.com, Selasa (4/11/2014), mewawancarai beberapa narasumber dari kalangan muda. Pernyataan dari narasumber pun beragam, mayoritas dari mereka menjawab, jika mereka mempunyai duit, mereka akan memilih berwisata ke luar negeri daripada berwisata di dalam negeri.

"Jika saya punya uang 5 juta rupiah, saya pilih liburan ke luar negeri. Saya pilih liburan ke Jepang. Alesannya karena dengan liburan di luar negeri saya dapat mempelajari budaya yang berbeda," ungkap Syarifah (20 tahun).

Berbeda dengan Eka (26), dirinya lebih memilih liburan di luar negeri dengan alasan prestise. Traveling ke luar negeri akan menjadi sebuah prestasi baginya dan kemudian dapat ia buktikan dengan mengunduh foto-fotonya ke media sosial di saat dirinya sedang liburan di luar negeri.

"Saya lebih pilih liburan ke Jepang daripada liburan di dalam negeri. Selain meningkatkan gengsi, saya bisa shopping juga dan saya juga bisa mengunggah foto-foto liburan saya di luar negeri ke akun path saya," kata Eka.

Dari sebagian besar narasumber yang memilih untuk menghabiskan liburan di luar negeri, Dyah Isnawati (25) memilih hal sebaliknya. Ia lebih memilih untuk berlibur di Indonesia.

"Saya lebih pilih berlibur di Indonesia dong, cinta negeri sendiri. Kalaupun ada kesempatan untuk ke luar negeri, saya akan pilih ke Singapura dengan catatan ada promo murah tiket pesawat," ucap Dyah. (Ars)