Kenalkan Edukasi Kemaritiman, Kasal Resmikan Museum Armada

Oleh Dian Kurniawan pada 31 Okt 2014, 08:35 WIB
Diperbarui 31 Okt 2014, 08:35 WIB
Kenalkan Edukasi Kemaritiman, Kasal Resmikan Museum Armada
Perbesar
Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Dr. Marsetio meresmikan Museum Armada di Surabaya.

Liputan6.com, Surabaya Sebagai sarana edukasi sekaligus rekreasi untuk mengenalkan kemaritiman dan Angkatan Laut kepada masyarakat umum. Komando Armada RI Kawasan Timur (Koarmatim) mendirikan Fleet House atau Museum Armada yang diresmikan oleh Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Dr. Marsetio.

Menurut Kasal Laksamana TNI Dr. Marsetio mengatakan bahwa dengan diresmikannya Fleet House ini, ke depannya diharapkan dapat melahirkan generasi muda penerus bangsa yang tertanam jiwa cinta bahari, sehingga kelak dapat memajukan sektor kemaritiman Indonesia.

"Bila ada kunjungan ke Koarmatim, selain melihatkan kapal ke pengunjung, kita sekarang juga bisa memperlihatkan atau mempersilakan pengunjung untuk masuk ke Fleet House," tuturnya, Rabu (29/10/2014).

Sementara itu, menurut Panglima Armatim, Laksamana Muda TNI Sri Mohamad Darojatim mengatakan bahwa yang paling mendorong didirikannya Fleet House adalah untuk munuju World Class Navy yang sesuai dengan Visi dan Misi Kasal.

"Pembangunan Fleet House ini kami persembahkan kepada Kasal, karena dengan Visi Misi Kasal, TNI Angkatan Laut kita lebih dihormati dan disegani oleh Tentara Negara lain," katanya.

Sekedar diketahui bahwasanya Fleet house yang ada di Armatim, berisikan berbagai koleksi armada, baik benda-benda bersejarah, seperti foto ataupun peralatan, yang digunakan oleh prajurit TNI AL.

Sesuai dengan slogan "Histori Magistra Vitae" yang bermakna sejarah adalah guru kehidupan, maka dirasa penting dengan adanya Fleet House Koarmatim, mengingat museum ini merupakan fasilitas yang menggambarkan perjalanan Komando Armada RI Kawasan Timur dari masa kemasa. (Dian Kurniawan/Ars)

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya