Keindahan Pantai Mawun Bikin Pengunjung Terpukau

Oleh Hans Bahanan pada 24 Okt 2014, 10:35 WIB
Diperbarui 24 Okt 2014, 10:35 WIB
Pantai Mawun, Pukau Pengunjung Dengan Keindahannya
Perbesar
Seperti apa keindahan Pantai Mawun di Nusa Tenggara Barat?

Liputan6.com, Nusa Tenggara Barat- Mengunjungi pulau Lombok memang tidak akan ada habis-habisnya. Setiap pelancong akan dimanjakan dengan berbagai keindahan dan eksotisme pantai pantaI yang memiliki nilai tersendiri. Selain pantai yang terletak di utara Lombok seperti Gili Trawangan, Gili Meno, Gili Air dan Pantai Senggigi di bagian selatan pulau Lombok tersimpan berbagai keindahan lainnya.

 

Pantai Mawun salah satunya. Pantai Mawun merupakan sebuah daratan pantai yang teretak di Kabupaten Lombok Tengah. Keunikan dari pantai ini terletak pada dua bukit besar yaitu bukit Nettem dan bukit Pengolo yang mengapit pantai ini bak pintu gerbang. Pantai mawun ini teretak sekitar 60 kilometer (km) dari kota Mataram, ibukota Nusa Tenggara Barat (NTB). Akses jalan yang bagus membuat sebagan besar wisatawan dapat mengunjungi tempat ini dengan mudah.

 

Karcis masuk ke pantai Mawun ini terbilang sangat murah, yaitu hanya Rp 5 ribu saja. Jadi, jangan khawatir, pelancong tidak perlu merogoh kocek untuk mengunjungi pantai ini. Hamparan laut biru telihat menyelinap masuk dari ujung dua bukit menuju ke pinggir. Pasir putih dan lembut seolah olah menyambut kedatangan ombak.

 

Keindahan yang dimiliki pantai ini adalah, airnya yang berwarna biru berpadu dengan warna hijau dibagian tepi. Penyatuan dua warna Inilah yang membuat pemandangan di pantai ini makin memukau. Tak heran jika banyak pelancong baik lokal maupun mancanegara mengunjungi pantai Mawun ini untuk mencari ketenangan sambil menikmati hembusan angin laut yang sepoi-sepoi.

 

“Pantai ini indah banget, di pinggir airnya hijau, terus di tengahnya biru kemudian bukit hijau dipinggirnya, serta pasirnya putih. Pantes saja temen saya bilang jangan lupa ke pantai mawun, ternyata benar-benar indah,” ujar Faizah Amar, pelancong asal Jawa Timur.

 

Selain Faizah, hal yang sama juga dirasakan Wafa Salim, wanita yang berprofesi sebagai guru ini tidak menyia-nyakan waktunya untuk berkunjung dan melepas penat di pantai ini setiap hari libur. “Suasananya adem (dingin), dan pemandangan indah banget, sangat cocok untuk melepas lelah, pikiran juga ikut segar,” kata Wafa.

 

Wisatawan mancanegara (wisman) juga terlihat sangat menikmati pantai ini. Ombak yang bergulung dan menjurus ke pinggir terkadang dijadikan kesempatan bagi para wisman untuk mengapung dan hanyut bersama ombak. "Saat diatas ombak saya merasa seperti papan surfing, sangat lucu dan asyik," ucap Jane, Pelancong asal Australia.

 

Selain pantai Mawun, banyak pantai lainnya yang tidak kalah memukau dan dijadikan destinasi wisata di Kabupaten Lombok Tengah di antaranya seperti Pantai Selong Belanak, Kuta Lombok, Tanjung A’an, Grupuk dan banyak lagi lainnya.