Sukses

Pilihan Sajian Menu Idul Adha, Rabeg Khas Banten

Berikut ini adalah salah satu menu daging kambing khas Banten yang bisa jadi pilihan untuk perayaan Idul Adha. Rabeg.

Liputan6.com, Jakarta Masakan berbahan dasar daging kambing adalah salah satu ciri perayaan Idul Adha. Sudah ada ide sajian untuk Idul Adha nanti? Jika Anda masih belum punya ide, menu khas Banten yang satu ini bisa jadi pilihan.

Nama menunya adalah Rabeg. Pada Selasa (23/9/2014)di restoran Oasis, Kecap Bango menghadirkan pemilik Rumah Makan Magersari, Banten, yang salah satu menu andalannya adalahRabeg.

Usaha kuliner tersebut dimulai oleh Hj. Jenah pada tahun 1975 yang kemudian turun-temurun dikelola oleh keluarganya. Restoran itu kini dikelola oleh Hj. Sumiyati. Menurut Sumiyati menu Rabeg biasa disajikan oleh masyarakat Banten pada acara-acara spesial, misalnya hajatan atau aqiqah.

Pada acara Ragam Kelezatan Sajian Idul Adha dari Barat Hingga Timur Nusantara, Sumiyati membagikan resep dan mempraktikannya secara langsung. Selain resep Rabeg, menu-menu lain yang dipraktikkan dalam acara ini adalah Sate Matangdari Aceh dan Sate Kambing Balanga dari Gorontalo.

Nuning Wahyuningsih selaku Senior Brand Manager Bango PT Unilever Indonesia pada kesempatan itu menjelaskan bahwa ketiga resep tersebut adalah hasil dari kegiatan Ekspedisi Warisan Kuliner Nusantara dari Kecap Bango yang hingga kini masih berlangsung.

Salah satu tujuan pembagian resep dan tips mengolah kambing ini adalah agar para ibu tak bingung dan tak enggan dalam mengolah daging kambing untuk disajikan pada saat Idul Adha.

Kembali bicara mengenai Rabeg, bagian kambing yang digunakan untuk menu ini adalah jeroan. Untuk membuat Rabeg, jeroan itu dimasak bersama bumbu kayu manis, lada, biji pala, lengkuas, jahe dan lain sebagainya. Sudah tak sabar ingin mempraktikkan resep Rabeg? Berikut ini adalah resepnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Rabeg

Rabeg (Untuk 5 porsi)

Bahan
1 kg jeroan kambing (babat, usus, paru, jantung, ati)

Bumbu
100 gram bawang merah
100 gram bawang putih
3 sdm lada putih
10 buah cabai rawit
1 butir biji pala
2 cm lengkuas
2 cm jahe
3 cm kayumanis
5 sdm kecap
1 batang sereh, memarkan
3 lembar daun salam

Cara memasak

  • Rajang bawang merah dan bawang putih. Memarkan jahe, lengkuas, dan biji pala
  • Tumis semua bumbu sampai harum, kecuali daun salam dan sereh
  • Rebus jeroan kambing dengan daun salam dan sereh dengan api sedang
  • Setelah jeroan matang–tetapi belum empuk—keluarkan dan tiriskan
  • Sisa rebusan dipakai untuk merebus tumisan bumbu
  • Potong-potong jeroan, masukkan kembali ke dalam masakan
  • Masak sampai jeroan dan bumbu meresap dan kental

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini