Teheran Percantik Pemandangan Kota dengan Karya Seni Seniman

Oleh Aria Sankhyaadi pada 14 Mei 2014, 17:30 WIB
Diperbarui 14 Mei 2014, 17:30 WIB
Teheran Percantik Pemandangan Kota dengan Karya Seni Seniman
Perbesar
Pemandangan kota Teheran semakin cantik dengan adanya karya seni mengagumkan yang datang dari para seniman setempat. (Foto: Amusing Planet)

Liputan6.com, Teheran Untuk semakin mempercantik pemandangan kota, banyak langkah yang ditempuh oleh pemerintah kota setempat. Seperti halnya yang dilakukan oleh Teheran berikut ini.

Seperti yang dilansir dari Amusingplanet, Rabu (14/5/2014), Teheran, ibukota dari Iran yang terletak di Asia Barat ini ternyata memiliki penduduk yang memiliki jiwa seni serta ide-ide kreatif untuk memperindah pemandangan kota.

Hal tersebut dapat dilihat dari keindahan seni rupa yang terlihat di ibukota Iran, Teheran. Dibantu pemerintah kota setempat, salah seorang seniman sekaligus desainer lokal bernama Mehdi Ghadyanloo pun menyumbangkan ide kreatifnya menghias gedung-gedung di kota Teheran menjadi karya seni yang mengagumkan.

Selama kurang lebih 5 tahun, seniman 33 tahun ini dilaporkan telah melukis lebih dari 100 dinding dengan seni mural di dinding-dinding di kota Teheran dengan gambar-gambar yang imajinatif, berwarna, dengan sentuhan efek 3D.

Seperti kebanyakan kota yang sedang berkembang, Teheran juga dipenuhi dengan gedung yang terlihat monoton dengan warna-warna kelabu. Itulah yang menjadi alasan mengapa Mehdi ingin unjuk gigi sekaligus menghias lingkungan kota Teheran dengan karya muralnya.

Karya seni yang dibuat oleh Mehdi ini pun disambut dengan baik oleh pemerintah kota setempat. Beberapa tahun lalu, pemerintah kota Teheran membentuk sebuah komite untuk membantu mempromosikan seni mural di Teheran.

Lebih lanjut, melihat dukungan pemerintah kota yang diberikan kepada Mehdi, seniman mural lainnya di Teheran pun kini dapat bernafas lega. Kini mereka tak hanya dapat mengekpesikan karya seni lewat lukisan dinding, tetapi juga mendapat penghasilan dari pemerintah karena telah membantu mempercantik kota mereka. (Ars)

**Gempa Cianjur telah meluluhlantakkan Bumi Pasundan, mari bersama-sama meringankan penderitaan saudara-saudara kita di Cianjur dengan berdonasi melalui: rekening BCA No: 500 557 2000 A.N Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih. Bantuan akan disampaikan dalam bentuk sembako, layanan kesehatan, tenda, dll. Kepedulian kita harapan mereka.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya