Sukses

Penelitian Ungkap Makanan Berharga Mahal Terasa Lebih Enak

Sebuah penelitian yang dilakukan ilmuwan-ilmuwan Cornell University mengungkap bahwa makanan mahal terasa lebih enak daripada yang murah.

Liputan6.com, New York Harga ternyata punya pengaruh pada rasa makanan. Makanan berharga mahal akan terasa lebih enak dibanding dengan makanan berharga murah.

 

Kesimpulan ini diambil oleh penelitian yang dilakukan beberapa ilmuwan dari Cornell University, New York, seperti dikutip dari pemberitaan dailymail.co.uk Senin (5/5/2014)

 

Pada penelitian yang hasilnya dipresentasikan pada acara Experimental Biology 2014 ini, sebanyak 139 orang diminta untuk menikmati makanan di sebuah resto buffet masakan Italia.

 

Harga makanan dibagi menjadi dua kategori, yakni US$ 4 dan US$ 8. Sebagian orang makan dengan biaya US$ 4 dan sebagian lainnya dengan biaya US$ 8.

 

Orang-orang tersebut kemudian diminta untuk memberi penilaian pada rasa makanan. Kelompok yang mengeluarkan uang sebanyak US$ 8 untuk makan mendapat tingkat kenikmatan 11 persen lebih banyak dibanding kelompok yang membayar lebih murah untuk makanan yang sama.

 

Para ahli berpikir bahwa orang-orang cenderung mengasosiasikan harga dengan kualitas makanan. Hal ini berpengaruh bagi pengalaman mereka saat menikmati makanan.

 

Ahli perilaku konsumen, Profesor Brian Wansink mengatakan “Kami sangat terkejut dengan hasil penelitian ini. Bahwa harga punya pengaruh besar pada pengalaman seseorang menikmati makanan”.

 

Bagaimana dengan pengalaman Anda sendiri saat makan makanan berharga mahal?

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini